Sabtu, 14 Agustus 2010 11:22 WIB News Share :

SBY hadiri puncak Hari Pramuka Nasional

Jakarta–Peringatan Hari Pramuka Nasional tanggal 14 Agustus dipusatkan di Lapangan Wiladatika Cibubur. Informasi yang diterima Sabtu (14/8), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani akan menghadiri acara tersebut. Acara akan berlangsung pukul 16.00 WIB.

Gerakan Pramuka atau Praja Muda Karana lahir pada 14 Agustus 1961. Sebagai organisasi kepemudaan, Pramuka terus memberikan kontribusinya kepada Bangsa, terutama dalam membangun karakter kepemimpinan.

Namun dalam perkembangannya Pramuka dianggap ketinggalan zaman. Sehingga dibutuhkan revitalisasi agar Pramuka tetap tidak sepi peminat.

Presiden SBY pun sempat prihatin dengan banyaknya masyarakat yang mulai under estimate dengan kegiatan yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Sunaryo Atmodipuro ini. SBY bahkan merasa berhutang budi dengan Pramuka sebab, setelah dia mengikuti Pramuka yang menjunjung tinggi nilai kedisiplinan, kemampuan leadershipnya pun menjadi kian terasah.

“Ini bukan lips service. Tapi kita sendiri pernah merasakan sebagai Paramuka, dengan segala aktivitas di dalamnya.” ujar SBY.

Usulan penggantian simbol-simbol Pramuka, seperti seragam pun dilontarkan oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng. Usulan ini difollow up olehKwarnas Gerakan Pramuka dengan membentuk sebuah tim yang akan melakukankajian-kajian tentang urgensi penggantian simbol-simbol Pramuka.

dtc/rif

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…