News
Sabtu, 14 Agustus 2010 - 22:11 WIB

Obama dukung pembanguan mesjid di dekat Menara Kembar WTC

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

New York–Presiden Amerika Serikat Barack Obama mendukung rencana pembangunan mesjid di dekat Ground Zero, lokasi bekas Menara Kembar WTC di Manhattan, New York, yang luluh lantak dihantam pesawat teroris.

Presiden Obama menyampaikan dukungan itu saat berbuka puasa bersama di Gedung Putih, Jumat (Sabtu, 14/8).

Advertisement

Kelompok oposisi menentang pembangunan pusat kebudayaan Islam dan mesjid yang lokasinya beberapa ratus meter dari Ground Zero itu.

Presiden Obama mengakui betapa sensitifnya kawasan di sekitar bekas Menara Kembar WTC yang diserang teroris pada 11 September 2001 itu.

Advertisement

Presiden Obama mengakui betapa sensitifnya kawasan di sekitar bekas Menara Kembar WTC yang diserang teroris pada 11 September 2001 itu.

“Sebagai warga negara dan presiden, saya menyakini kaum muslim juga punya hak yang sama untuk menjalankan agama seperti warga lainnya.”

Beberapa waktu lalu satu developer mengumumkan rencana pembangunan gedung berlantai 13 untuk pusat komunitas Islam dan masjid di area sekitar dua blok dari bekas Gedung WTC.

Advertisement

Dalam sambutan acara buka puasa itu, Presiden Obama menegaskan kaum muslim Amerika juga punya hak untuk membangun tempat ibadah dan pusat komunitas Islam di atas tanah pribadi di kawasan Manhattan. Yang penting, kata Presiden Obama, pembangunan itu tidak menyalahi peraturan yang berlaku.

“Inilah Amerika dan komitmen kita terhadap kebebasan beragama tidak boleh dikorbankan. Prinsip bahwa warga dari berbagai agama dan keyakinan diterima di negeri ini dan tidak akan diperlakukan beda oleh pemerintah mereka. Itu esensial bagi kita,” tegas Presiden Obama sebagaimana dikutip BBC.

Kepada para anggota Kongres, pejabat pemerintah, dan perwakilan asing yang diundang, Presiden Obama menyatakan tradisi toleransi beragama itulah yang membedakan Amerika dengan para musuhnya.

Advertisement

“Kausa Al-Qaeda bukanlah Islam. Itu hanyalah distorsi kasar ajaran Islam,” tandas Presiden Obama.

Dukungan terhadap pembangunan pusat kegiatan Islam itu juga datang dari Wali Kota New York Michael Bloomberg. Dia menjadi satu-satunya politisi terkemuka yang memberikan dukungan.

Untuk menghambat pembangunan pusat Islam itu, para penentang menggalang sejumlah langkah. Mereka menyerukan diadakannya investigasi mengenai siapa pendukung dan penyandang dana proyek tersebut.

Advertisement

Selain itu, mereka mendesak agar area proyek tersebut ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi gagal. Namun, sejauh ini mereka gagal memenuhi keinginan tersebut.

Para penentang proyek tersebut antara lain mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich dan bekas kandidat wakil presiden AS Sarah Palin.

inilah/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif