News
Sabtu, 14 Agustus 2010 - 10:34 WIB

Menakertrans saksikan penandatanganan PKB Pertamina

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cilacap–Penandatanganan perjanjian kerja bersama (PKB) antara manajemen dan karyawan PT Pertamina (Persero) periode tahun 2010-2012, disaksikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar .

Penandatangan PKB ketiga itu dilakukan antara Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan dan Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) Ugan Gandar di Kompleks Refenery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu.

Advertisement

Hadir pula Wakil Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Anggota Komisi VII DPR Agus Sulistyono, Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina Rukmi Hadihartini, Direktur Pengolahan Pertamina Edi Setianto, Komisaris Utama Pertamina Sugiharto, aktivis Dita Indah Sari, dan perwakilan 17 serikat pekerja Pertamina di seluruh Indonesia.

Muhaimin mengatakan, hubungan industrial antara manejemen dan karyawan di Pertamina bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain. Menurut dia, hubungan industrial yang harmonis akan meningkatkan kinerja dan produktifvtas perusahan dan selanjutnya meningkatkan produktivitas negara.

Ia meminta, jika terdapat perbedaan penafsiran isi PKB agar dikembalikan ke naskah asli dan nuansa yang berkembang. “Marilah kita junjung tinggi kebersamaan dan hargai berbagai kepentingan,” katanya.

Advertisement

Sementara, Karen mengatakan, PKB tersebut panduan bagi hubungan industrial yang lebih harmonis lagi. “Hubungan industrial Pertamina sudah jauh lebih baik dibandingkan BUMN lain,” katanya.

Menurut dia, citra buruk serikat pekerja di perusahaan lain tidak berlaku di Pertamina.
Ia juga meminta, manajemen dan karyawan saling bahu membahu menyelesaikan perselisihan dan permasalahan yang kini mesti dihadapi seperti kasus ledakan elpiji dan tudingan kualitas premium yang buruk.

ant/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif