News
Sabtu, 14 Agustus 2010 - 22:14 WIB

Alih fungsi lahan pertanian capai 20 hektare

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bantul--Laju alih fungsi lahan pertanian di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mencapai rata-rata seluas 20 hektare per tahun, yang sebagian besar berada di wilayah yang berdekatan dengan daerah perkotaan.

“Alih fungsi lahan itu terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Sewon, Banguntapan, Kasihan dan Bantul,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertanhut) Bantul Edy Suhariyanta di Bantul, Sabtu.

Advertisement

Menurut Edy, berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Bantul, alih fungsi lahan pertanian di Sewon mencapai lima persen per tahun yang mayoritas digunakan untuk perumahan dan gedung perkantoran.

“Jika alih fungsi lahan tidak diminimalkan, dikhawatirkan  berdampak pada penyempitan lahan pertanian yang digunakan bukan untuk keperluan pertanian,” katanya.

Edy mengatakan, selama ini produksi pangan cenderung berkurang akibat laju alih fungsi lahan sawah, dampak lebih lanjut dari alih fungsi lahan ke nonpertanian akan mengancam persediaan bahan pangan di wilayah Bantul.

Advertisement

Dia mengatakan, solusi dari rmasalah ini adalah melakukan sertifikasi lahan, terutama lahan pangan sehingga tidak boleh dialihfungsikan ke nonpertanian.

“Lahan pertanian yang disertifikasi paling tidak harus memenuhi persyaratan minimal selama lima tahun tidak boleh dialihfungsikan untuk keperluan bukan pertanian,” katanya.

Menurut dia, hampir setengah dari luas wilayah Kabupaten Bantul yang mencapai 50.683 hektare merupakan kawasan budi daya pertanian dengan tingkat kesuburan yang cukup tinggi dengan didukung irigasi teknis pada sebagian besar areal persawahan.

Advertisement

“Keberadaan lahan pertanian yang subur itu harus terus dipertahankan, setidaknya dapat dimanfaatkan untuk tanaman pangan dan meningkatkan produksi pangan di Bantul, sehingga menciptakan ketahanan pangan,” katanya.

Ant/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif