Jumat, 13 Agustus 2010 14:34 WIB News Share :

PKB
Parpol ideal 7 buah

Jakarta–Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan dukungannya untuk penyederhaan jumlah partai politik.

PKB tidak mempermasalahkan mekanismenya, baik melalui peningkatan parliamentary threshold (PT) maupun pengurangan daerah pemilihan.

“Dapil kita sekarang terlalu luas dan ruwet. Jadi penyederhanaan itu mutlak dan harus dilakukan,” ujar Ketum PKB Muhaimin Iskandar usai penganugerahan transmigran teladan di Kantor Kemenakertrans, Jl Kalibata, Jakarta, Jumat (13/8).

Menurut politisi yang dalam KIB II menjabat Menakertrans ini, jumlah ideal partai politik untuk Indonesia adalah 7 buah. Namun bila memang masih sulit dilaksanakan, maka jumlah maksimal 10 partai sudah lebih dari cukup.

Cara menuju jumlah ideal partai politik bisa ditempuh dengan dua cara sekaligus. Yaitu meningkatkan PT hingga 3,5 persen dan memperketat syarat bagi pendirian partai politik baru.

“PKB setuju PT naik, syukur perserta pemilu bisa 7 saja. Tapi 9-10 sudah bagus, kertas suara tidak lebar dan rakyat tidak bingung,” ujar dia.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…