Jumat, 13 Agustus 2010 11:46 WIB News Share :

Longsor timbun lima rumah di Batu Gajah

Ambon–Hujan deras yang mengguyur Pulau Ambon, Kamis malam (12/8) menyebabkan longsor di Kelurahan Batu Gajah. Akibatnya lima rumah warga di Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau, tertimbun tanah longsor.

Menurut Ketua RT 1, RW II, Batu Gajah, Simon Haumahu di Ambon, Jumat (13/8), hujan yang menguyur pulau itu sepekan terakhir ini menyebabkan tanah perbukitan di kawasan tersebut longsor dan menimpa lima rumah warga setempat.

“Dari lima rumah yang tertimbun longsior, tiga rumah diantaranya yang paling parah, yakni rumah milik Emy Yesaya, Nus Kainama, dan Keny Usmany, sementara rumah milik A. Hetaubun dan Ida Rahayaan rusak ringan,” ujarnya.

Dikatakan Haumahu, bencana alam itu mulai diketahui warga pada Kamis (12/8) sekitar pukul 24.00 WIT karena sebagian tanah mulai terbawa air hujan.

“Gejala longsor mulai terlihat tengah malam dengan longsoran terbawa air dari perbukitan yang langsung menimpa rumah warga,” katanya.

Melihat gejala akan terjadi longsor lebih besar, maka warga memutuskan mengungsi ke rumah saudara di lokasi aman.

“Longsor itu sepanjang 120 meter karena terjadi patahan talud penahan sehingga lima rumah warga tertimbun lumpur setinggi 50-200 cm,” ujar Haumahu.

Saat ini, kata dia, warga sedang bergotong-royong membantu membersihkan rumah yang tertimbun tanah dengan peralatan seadanya karena belum ada bantuan dari Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Kota Ambon maupun Provinsi Maluku.

“Kami bersyukur tidak terjadi korban jiwa karena warga cepat menghindar,” katanya.

“Saya menyosialisasikan peringatan dini cuaca ekstrim dan juga memperkirakan kemungkinan terjadi hujan agar masyarakat mengantisipasinya sejak dini,” ujar Simon Haumahau.

ant/rif

SOLO BAKERY, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Dirawat dan Merawat Cendekiawan Soedjatmoko

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (19/8/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Magister Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Rabu, 15 Agustus 2017, pemerintah menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia kepada delapan…