Soloraya
Jumat, 13 Agustus 2010 - 23:46 WIB

Galian C, DPU akhirnya terjun ke lokasi

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bersama tim gabungan Sukoharjo akhirnya terjun ke lokasi galian C di Dukuh Mojosari, Desa/Kecamatan Polokarto yang dikeluhkan warga setempat lantaran menimbulkan polusi.

Kepala UPTD Pertambangan dan Energi DPU Sukoharjo, Sugiyanto mengatakan, meskipun galian C di Mojosari telah mengantongi ijin, namun lantaran banyak dikeluhkan warga setempat pihaknya langsung menindaklanjuti keluhan tersebut bersama dengan tim gabungan seperti bagian hukum, DPPKAD dan Badan Lingkungan Hidup.

Advertisement

“Karena ada keberatan dari warga, kami akhirnya tindak lanjut ke lokasi. Dari hasil laporan pemerintah desa (Pemdes) memang galian C tersebut banyak dikeluhkan,” ujarnya kepada Espos, Jumat (13/8) di Sukoharjo.

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun secara lisan Pemdes telah melaporkan keberatan warga, namun pihaknya tidak dapat berbuat banyak lantaran harus menunggu laporan resmi secara tertulis. Hingga kini, menurutnya, galian C di lokasi tersebut masih dibiarkan beroperasi.

“Kami tidak bisa melangkah jika dari Pemdes belum ada laporan tertulis, apalagi kewenangan perijinan maupun penutupan lokasi galian C ada pada Pemerintah Provinsi Jateng, sebab Sukoharjo belum memiliki Perda yang mengatur hal itu,” ujarnya.

Advertisement

Terkait kemungkinan lokasi galian C tersebut ditutup, Sugiyanto mengaku hal tersebut bisa saja terjadi. Namun, semua kewenangan ada pada Provinsi. “Kalau keberadaan pertambangan tersebut benar-benar mengganggu maka bisa saja dari provinsi akan mencabut ijin, bahkan menutup lokasinya,” ujarnya.

Bagian Tata Usaha UPTD Pertambangan, Bambang Irawan menambahkan, ijin galian C di Mojosari Polokarto hanya berlaku selama satu tahun. “Saat ini galian C di Polokarto sudah dapat rekomendasi perijinan dari Provinsi, tapi hanya satu tahun,” ujarnya.

ufi

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Galian C
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif