News
Jumat, 13 Agustus 2010 - 08:30 WIB

DPR akan batalkan pembangunan rumah aspirasi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Protes keras dari masyarakat atas rencana anggota membangun rumah aspirasi di daerah pemilihannya masih terus terjadi. Oleh karena itu, DPR berencana membatalkan pembangunan rumah aspirasi bagi masing-masing anggota DPR.

“Pembangunan rumah aspirasi per anggota DPR sudah hampir pasti tidak jadi karena penolakan rakyat luar biasa. Pembatalan bisa dilakukan kalau opsi membuang pasal rumah aspirasi dalam tatib DPR disetujui,” ujar Wakil Ketua BURT DPR Pius Lustrilanang, Kamis (12/8).

Advertisement

Pius menuturkan opsi lainnya, DPR akan mengubah haluan. Rencana semula membangun rumah aspirasi untuk masing-masing anggota DPR, akan dirubah menjadi rumah aspirasi kolektif anggota DPR per dapil. Jadi nantinya rumah aspirasi dibangun per dapil, untuk sejumlah anggota yang berada dalam dapil tersebut.

“Dari usulan satu rumah satu anggota itu akan kita rubah menjadi satu dapil satu rumah. Sehinnga anggota DPR satu dapil akan memiliki satu rumah aspirasi bersama,” terang Pius.

Kedua opsi tersebut nantinya akan dibahas dalam rapat Panja Rumah Aspirasi usai reses nanti.

Advertisement

Sebelumnya DPR merencanakan pembangunan rumah aspirasi dengan total anggaran Rp 209 miliar per tahun akan dimulai tahun 2011. Seiring protes keras publik, DPR perlahan mundur, sejumlah fraksi DPR pun meminta anggota DPR menggunakan kantor parpolnya di daerah sebagai rumah aspirasi.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif