Soloraya
Jumat, 13 Agustus 2010 - 15:29 WIB

Dishubkominfo Karanganyar siapkan empat jalur alternatif

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar menyiapkan empat jalur alternatif guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas selama berlangsungnya arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2010.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar, Nunung Susanto, menyebutkan dari keempat jalur alternatif itu salah satunya adalah antara Solo – Palur – Kebakkramat – Gompol – Sragen, disiapkan bagi pengguna jalan dari Solo – Surabaya dan sebaliknya, dari Surabaya ke Solo. Selain itu jalur Karanganyar – Tunggul – Matesih – Karanglo – Tawangmangu, untuk yang menuju Magetan, Jawa Timur (Jatim).

Advertisement

“Kemacetan diprediksi antara H-1 sampai dengan H+2. Salah satu titiknya misalnya yaitu di sekitar Sumokadu untuk jalur Solo ke Tawangmangu, mulai tanjakan setelah Kali Samin,” ungkapnya di Kantor Dishubkominfo, Jumat (13/8).

Dikemukakan, jalur lain menuju ke Tawangmangu dari arah Solo adalah melalui Karangpandan lalu ke Matesih. Menurutnya, dari tiga jalur tersebut, jalan alternatif terakhir kondisinya cukup baik, sedangkan jalur pertama dan kedua, sebagian jalan mengalami kerusakan, terutama dari Palur – Grompol – Sragen.

Nunung juga menjelaskan, untuk mengatasi situasi kemacetan, petugas akan memberlakukan sistem buka tutup. Di jalur Karanganyar – Tawangmangu, selain Sumokadu, titik di sekitar Pasar Tawangmangu juga harus diwaspadai. “Di depan Pasar Tawangangu, jika macet kendaraan dari atas (arah Magetan-red) akan dialihkan melalui Karanglo dan Matesih, sampai ke Karanganyar,” paparnya.

Advertisement

Sementara Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Dwi Erna Rustanti, menyatakan pihaknya mewaspadai setidaknya dua titik rawan macet selama berlangsungnya arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2010. Dua lokasi tersebut adalah di simpang empat Colomadu yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari Solo, Boyolali, serta Kartosuro di Sukoharjo, serta di pertigaan Tugu  Intanpari, Palur, Jaten.

try

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif