Jumat, 13 Agustus 2010 15:29 WIB Karanganyar Share :

Dishubkominfo Karanganyar siapkan empat jalur alternatif

Karanganyar (Espos)–Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar menyiapkan empat jalur alternatif guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas selama berlangsungnya arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2010.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar, Nunung Susanto, menyebutkan dari keempat jalur alternatif itu salah satunya adalah antara Solo – Palur – Kebakkramat – Gompol – Sragen, disiapkan bagi pengguna jalan dari Solo – Surabaya dan sebaliknya, dari Surabaya ke Solo. Selain itu jalur Karanganyar – Tunggul – Matesih – Karanglo – Tawangmangu, untuk yang menuju Magetan, Jawa Timur (Jatim).

“Kemacetan diprediksi antara H-1 sampai dengan H+2. Salah satu titiknya misalnya yaitu di sekitar Sumokadu untuk jalur Solo ke Tawangmangu, mulai tanjakan setelah Kali Samin,” ungkapnya di Kantor Dishubkominfo, Jumat (13/8).

Dikemukakan, jalur lain menuju ke Tawangmangu dari arah Solo adalah melalui Karangpandan lalu ke Matesih. Menurutnya, dari tiga jalur tersebut, jalan alternatif terakhir kondisinya cukup baik, sedangkan jalur pertama dan kedua, sebagian jalan mengalami kerusakan, terutama dari Palur – Grompol – Sragen.

Nunung juga menjelaskan, untuk mengatasi situasi kemacetan, petugas akan memberlakukan sistem buka tutup. Di jalur Karanganyar – Tawangmangu, selain Sumokadu, titik di sekitar Pasar Tawangmangu juga harus diwaspadai. “Di depan Pasar Tawangangu, jika macet kendaraan dari atas (arah Magetan-red) akan dialihkan melalui Karanglo dan Matesih, sampai ke Karanganyar,” paparnya.

Sementara Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Dwi Erna Rustanti, menyatakan pihaknya mewaspadai setidaknya dua titik rawan macet selama berlangsungnya arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2010. Dua lokasi tersebut adalah di simpang empat Colomadu yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari Solo, Boyolali, serta Kartosuro di Sukoharjo, serta di pertigaan Tugu  Intanpari, Palur, Jaten.

try

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…