News
Kamis, 12 Agustus 2010 - 13:44 WIB

Pemerintah tak buru-buru naikkan harga elpiji 3 Kg

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Tak ingin menimbulkan masalah baru, pemerintah tak mau buru-buru dalam mengambil keputusan menaikkan harga elpiji 3 kg. Kenaikan harga ini ditujukan untuk menghapuskan disparitas (selisih) harga dengan elpiji 12 kg, demi mengurangi tindak pengoplosan elpiji.

Menko Kesra Agung Laksono mengatakan, pemerintah sangat hati-hati dalam mengkaji rencana kenaikan elpiji 3 kg karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru. Khususnya bagi masyarakat tak mampu.

Advertisement

“Nanti pada saatnya akan kami beritahukan. Tentu tidak membebani rakyat kecil, apapun kebijakan kami. Kami belum selesai membahas soal itu, karena perlu hati-hati. Dalam upaya menyelesaikan masalah perlu ada kehati-hatian agar jangan sampai ada masalah baru,” ujarnya di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (12/8).

Agung mengatakan, dengan menghilangkan disparitas harga ini, maka tindak pengoplosan yang menjadi pemicu ledakan tabung gas dapat dihapus.

“Jadi untuk bagaimana menghilangkan pengoplosan-pengoplosan ini salah satunya adalah kami coba hilangkan disparitas-disparitas. Karena itu merupakan satu penyebab yang membuat spekulan yang tidak bertanggung jawab, tergiur, dan merusak kedua tabung, tabung 12 serta 3 kg. Tapi bagaimanapun penyelesaiannya masih dalam proses,” tuturnya.

Advertisement

Di tempat yang sama, Menko Perekonomian Hatta Rajasa ikut mengungkapkan pemerintah akan melakukan pengkajian yang mendalam soal penghapusan disparitas harga elpiji ini.

“Tadi lebih berbicara kepada bagaimana tim sosialisasinya, bagaimana penanganan, penanggulangan, bagaimana supaya tidak terjadi lagi ledakan. Sosialisasi lebih digencarkan,” tukas Hatta.

dtc/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif