Kamis, 12 Agustus 2010 07:59 WIB Ekonomi Share :

Bagaimana cara memilih BBM yang tepat?

Jakarta--Salah dalam memilih jenis bahan bakar minyak (BBM) untuk sepeda motor ternyata bisa berakibat fatal saat mudik nanti.

Jika Anda bingung memilih BBM yang tepat, berikut tips untuk memilih jenis BBM yang tepat:

1. Penggunaan bahan bakar atau bensin untuk motor kita haruslah disesuaikan antara rasio kompresi (compression ratio) pada kendaraan, dengan kandungan nilai oktan pada bensin yang kita gunakan. Mesin yang berkompresi tinggi memerlukan bensin dengan kandungan nilai oktan yang tinggi pula, namun tidak melebihi nilai rasio kompresi.

2. Informasi mengenai rasio kompresi pada motor bisa kita lihat di brosur kendaraan pada bagian spesifikasi mesin ketika kita membeli motor. Untuk bahan bakarnya, nilai kandungan oktan untuk bensin Pertamax adalah 92, sedangkan nilai kandungan oktan pada premium lebih rendah, yaitu 88.

Jika penggunaan bahan bakar yang tidak disesuaikan dengan rasio kompresi mesin, maka akan terjadi hal-hal sebagai berikut:

1. Terlalu rendahnya oktan pada bahan bakar membuat pengunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

2. Terlalu tingginya oktan pada bahan bakar membuat gagalnya pembakaran, sehingga bahan bakar yang mengendap dapat menimbulkan kerak pada ruang pembakaran.

3. Dapat menyebabkan rusaknya ring piston pada mesin motor, bisa retak atau patah.

4. Berkurangnya tenaga pacu motor yang dihasilkan oleh mesin.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…