Kamis, 12 Agustus 2010 18:00 WIB Solo Share :

Angkut penumpung, 1001 unit bus disiapkan

Banjarsari (Espos)--Untuk mengakut para penumpang pemudik Lebaran 2010, akan disiapkan 1001 unit bus.

Jumlah bus sebanyak itu terdiri 415 unit bus antar kota antar provinsi (AKAP), 160 bus antar kota dalam provinsi (AKDP) Besar, 82 bus AKDP sedang, 340 bus lintas malam, serta empat bus bantuan.

Jumlah pemudik Lebaran 2010 yang menggunakan angkutan bus dengan tujuan Terminal Tirtonadi, Solo, diprediksi mencapai 630.921 orang.

Jumlah tersebut lebih kurang sama dengan jumlah pemudik yang menggunakan jasa Terminal Tirtonadi, pada Lebaran tahun lalu.

Penjelasan tersebut disampaikan Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, Muhammad Arif Mutaqin, kepada Espos, Kamis (12/8). Sedangkan untuk jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Tirtonadi diperkirakan 509.182 orang.

Selain persiapan bus,disiapkan pula 477 unit taxi, 165 bus kota dan 250 angkutan kota. Untuk memecah kepadatan arus, akan ditempatkan bus-bus di Terminal Barang Pedaringan, Jebres.

Koordinasi mengenai rencana tersebut mulai dilakukan dengan pengelola Pedaringan. Pengoperasian kantong bus di Terminal Pedaringan tetap atas kendali petugas Terminal Tirtonadi.

“Prediksi kenaikan penumpang tahun 2010, nol persen. Namun pada puncak arus mudik yakni H-2 dan H-1, terminal tidak bakal mampu menampung bus. Sebab terminal sebelah barat masih dalam pembangunan. Pada puncak arus mudik, akan terjadi antrean bus dan kendaraan di depan terminal,” ujar Arif.

kur

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…