Rabu, 11 Agustus 2010 22:41 WIB Karanganyar Share :

Tak pernah diperiksa, Rina tak mau beri kesaksian

Karanganyar (Espos)--Bupati Karanganyar Rina Iriani Sri Ratnaningsih menegaskan tidak akan memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan korupsi perumahan bersubsidi dengan tersangka Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Sejahtera, Handoko Mulyono.

Penegasan tersebut disampaikan Rina melalui penasihat hukumnya, Warsito Sanyoto, dalam jumpa pers di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati di Jl Lawu Karanganyar, Rabu (11/10) siang.

Warsito menyatakan sikap penolakan bersaksi dalam sidang perkara Handoko Mulyono karena Rina Iriani tidak pernah diperiksa penyidik Kejakti Jateng untuk penyusunan berita acara pemeriksaan (BAP) terdakwa.

“Tidak pernah klien kami diperiksa atau di-BAP untuk Handoko Mulyono. Padahal apa susahnya? Karena itu jika ada permintaan bersaksi di persidangan, kami akan berpegang pada BAP, ada tidak di dalamnya (keterangan) Rina Iriani. Sepanjang tidak ada di BAP, kami akan menolak,” tandas Warsito Sanyoto dalam kesempatan itu, didampingi langsung oleh Bupati Rina Iriani Sri Ratnanningsih.

Warsito menyatakan, sikap penolakan untuk memberi kesaksian dengan alasan serupa sebelumnya dilakukan oleh mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Antasari Azhar.

Antasari, kata dia, secara tegas menolak bersaksi di persidangan kasus dengan terdakwa Anggodo Widjojo karena yang bersangkutan tidak pernah diperiksa atau dimintai keterangan saat penyusunan BAP.

try

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…