Soloraya
Rabu, 11 Agustus 2010 - 18:40 WIB

Ratusan pendukung hadiri pengundian nomor urut

Redaksi Solopos  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos) –– Ratusan pendukung dari tiga pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) Klaten menghadiri acara pengundian dan penetapan nomor urut, Rabu (11/8), di KPU Klaten.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Rabu (11/8), mengesahkan nomor urut pasangan peserta Pilkada 2010.

Advertisement

Berdasarkan hasil pengundian, pasangan yang diusung koaliasi PDIP, PKS dan Partai Demokrat, Sunarna SE MHum-Sri Hartini (SH) ditetapkan menjadi peserta Pilkada nomor urut satu.

Sementara, pasangan Agus Winarno-Dra Sri Kertati (Asri) yang diusung Partai Golkar mendapatkan nomor urut dua. Pasangan Drs Sarjono-Agus Murtana (Pakde Jon-Gus Mur) yang didaftarkan PAN dan Partai Hanura nomor urut tiga.

Ketua KPU Klaten, Ngatmin Sumarto Pawiro, mengatakan, mekanisme pengundian nomor urut disesuaikan dengan peraturan KPU.

Advertisement

Mulanya, perwakilan dari Polres Klaten mengeluarkan tiga gulung kertas dari tabung kaca untuk menentukan urutan pengambilan map yang berisi huruf A, B dan C. Asri yang mendapat kesempatan pertama memperoleh huruf C, SK di kesempatan kedua memperoleh B dan Pakde Jon-Gus Mur huruf A.

Pembukaan map berisi huruf itu dilakukan berbarengan di depan rapat pleno terbuka di Aula Sekretariat KPU Klaten. Selanjutnya, setiap pasangan secara bergantian sesuai urutan huruf mengambil tabung berisi nomor urut.

Setelah ketiga kandidat mengambil tabung, pembukaan dilaksanakan bersamaan. SH nomor urut satu, Asri nomor dua dan Pakde Jon-Gus Mur nomor tiga.

Advertisement

Menurut Ngatmin, nomor urut pasangan peserta Pilkada yang ditetapkan dalam Keputusan KPU itu akan dipakai seterusnya, termasuk dicetak dalam surat suara.

“Setelah ini, kita memasuki tahapan kampanye yang diagendakan 1-16 September 2010. Kami berharap semua pihak membantu mewujudkan suasana kondusif hingga berakhirnya seluruh tahapan Pilkada,” kata dia.

Rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Pilkada Klaten 2010 dihadiri ratusan pendukung ketiga pasangan, Muspida, Panwas dan Parpol pengusung mulai pukul 10.00 WIB.

rei

Advertisement
Kata Kunci : Nomor Urut Pengundian
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif