nomor urut
Rabu, 11 Agustus 2010 18:40 WIB Klaten Share :

Ratusan pendukung hadiri pengundian nomor urut

Klaten (Espos) –– Ratusan pendukung dari tiga pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) Klaten menghadiri acara pengundian dan penetapan nomor urut, Rabu (11/8), di KPU Klaten.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Rabu (11/8), mengesahkan nomor urut pasangan peserta Pilkada 2010.

Berdasarkan hasil pengundian, pasangan yang diusung koaliasi PDIP, PKS dan Partai Demokrat, Sunarna SE MHum-Sri Hartini (SH) ditetapkan menjadi peserta Pilkada nomor urut satu.

Sementara, pasangan Agus Winarno-Dra Sri Kertati (Asri) yang diusung Partai Golkar mendapatkan nomor urut dua. Pasangan Drs Sarjono-Agus Murtana (Pakde Jon-Gus Mur) yang didaftarkan PAN dan Partai Hanura nomor urut tiga.

Ketua KPU Klaten, Ngatmin Sumarto Pawiro, mengatakan, mekanisme pengundian nomor urut disesuaikan dengan peraturan KPU.

Mulanya, perwakilan dari Polres Klaten mengeluarkan tiga gulung kertas dari tabung kaca untuk menentukan urutan pengambilan map yang berisi huruf A, B dan C. Asri yang mendapat kesempatan pertama memperoleh huruf C, SK di kesempatan kedua memperoleh B dan Pakde Jon-Gus Mur huruf A.

Pembukaan map berisi huruf itu dilakukan berbarengan di depan rapat pleno terbuka di Aula Sekretariat KPU Klaten. Selanjutnya, setiap pasangan secara bergantian sesuai urutan huruf mengambil tabung berisi nomor urut.

Setelah ketiga kandidat mengambil tabung, pembukaan dilaksanakan bersamaan. SH nomor urut satu, Asri nomor dua dan Pakde Jon-Gus Mur nomor tiga.

Menurut Ngatmin, nomor urut pasangan peserta Pilkada yang ditetapkan dalam Keputusan KPU itu akan dipakai seterusnya, termasuk dicetak dalam surat suara.

“Setelah ini, kita memasuki tahapan kampanye yang diagendakan 1-16 September 2010. Kami berharap semua pihak membantu mewujudkan suasana kondusif hingga berakhirnya seluruh tahapan Pilkada,” kata dia.

Rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Pilkada Klaten 2010 dihadiri ratusan pendukung ketiga pasangan, Muspida, Panwas dan Parpol pengusung mulai pukul 10.00 WIB.

rei

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…