Rabu, 11 Agustus 2010 11:41 WIB News Share :

Polri resmi tahan Abu Bakar Ba'asyir

Jakarta— Amir Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Abu Bakar Ba’syir resmi ditahan Mabes Polri. Polri mengaku telah mempunyai bukti kuat keterlibatan Ba’asyir dalam jaringan teroris Aceh.

“Udah (ditahan) resmi,” kata Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi kepada wartawan saat dicegat di gedung Bareskrim Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Rabu (11/8).

Ito menjelaskan, penyidik memiliki bukti kuat yang menunjukkan Ba’asyir terkait pendanaan pelatihan militer di Aceh. Namun Ito masih belum bisa memastikan berapa jumlah dana yang digelontorkan Ba’asyir untuk mendanai operasi itu.

“Pastinya saya nggak tahu, yang jelas dia menyampaikan melalui orang atau pihak lain. Istilahnya ‘pokoknya tolong didukung’, itu kan sudah merupakan suatu perintah,” jelas Ito.

“Kemudian ada juga (aliran dana) dari yang bersangkutan,” tandasnya.

Kemarin atau di hari kedua dari 7×24 jam masa penangkapan yang diatur UU, Mabes Polri telah menetapkan Ba’asyir sebagai tersangka tindak pidana terorisme.

Ba’asyir dijerat pasal 14 jo pasal 7, 9, 11,  dan atau pasal 11 dan atau pasal 15 jo pasal 7,9, 11 dan atau pasal 13 huruf a, huruf b, huruf c UU No 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…