Rabu, 11 Agustus 2010 11:36 WIB News Share :

Polisi kantongi bukti fisik keterlibatan Ba'asyir

Jakarta–Polisi yakin dan mengaku mempunyai bukti-bukti yang kuat atas keterlibatan Abu Bakar Ba’asyir dalam pelatihan teroris di Aceh. Selain keterangan saksi, polisi juga menyatakan sudah mengantongi bukti fisik yang komplet untuk menjerat Ba’asyir.

“Buktinya kuat sekali. Komplet. Selain saksi, bukti fisiknya sangat kuat,” kata pengamat teroris Mardigu WP yang sempat berkomunikasi dengan penyidik, Rabu (11/8).

Menurut Mardigu, polisi sudah memegang tujuh bukti keterlibatan Ba’asyir. Empat di antaranya bukti kuat mengenai dana pelatihan teroris di Aceh.

“Saya sudah lihat empat dari tujuh, Kuat sekali. Tanpa bukti yang kuat, tindakan ini (penangkapan), tindakan gila,” jelasnya.

Mardigu juga mengatakan, dari 41 pertanyaan yang diberikan penyidik kepada Ba’asyir, hanya ada 1 pertanyaan yang dijawab Ba’asyir.

“Satu saja yang dijawab yaitu data pribadinya seperti nama dan alamat. Kalau itu dia menjawab dengan tenang dan mantap,”

Menurut Mardigu, saat menuju materi pemeriksaan, Ba’asyir diam seribu bahasa. Tak satu pun pertanyaan mau dijawabnya. Namun Polri sudah mempunyai bukti yang kuat untuk menjerat Ba’asyir.

“Ya, tapi kalau mau menyangkal kayak apa juga buktinya sudah kuat,” jelasnya.

Meski mementahkan pertanyaan penyidik, Polri tetap akan melanjutkan proses hukum Ba’asyir. Polri mempunyai bukti-bukti yang kuat untuk dijerat sebagai penggagas peledakan dan penghimpun dana.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…