Rabu, 11 Agustus 2010 19:17 WIB News Share :

Pemudik Lebaran 2010 diprediksi 17 juta orang

Jakarta--Jumlah pemudik tahun 2010 diperkirakan mencapai 17 juta orang. Dari jumlah tersebut, hampir separuhnya yakni 7,2 juta orang adalah pemudik yang menggunakan motor.

“Tahun ini, kita perkirakan jumlah pemudik ada sekitar 17 juta orang, yang setengahnya 7,2 juta orang didominasi oleh pengendara motor,” kata Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit saat jumpa pers persiapan angkutan lebaran 2010 di Hotel Mega Cikini, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Rabu (11/8).

Dengan banyaknya pengendara motor tersebut, diperkirakan rawan terjadinya kecelakaan. Demi keselamatan, MTI meminta kepada aparat kepolisian dapat bertindak tegas.

“Bagi yang tidak memakai helm, sebaiknya ditilang saja. Kita juga berharap kepada Dinas Perhubungan agar memberi bantuan dalam pengaturan lalu lintas. Masyarakat bisa diikutsertakan,” ujarnya.

Dia menambahkan, persiapan pemerintah untuk menghadapi angkutan lebaran itu minim. Tahun ini saja, imbuhnya, persiapannya hanya dua bulan.

“Idealnya kan 6 bulan, bahkan kalau bisa satu tahun. Sehingga bisa lebih menghitung jumlah pemudik dan mempersiapkan jumlah armada,” ujarnya.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…