News
Rabu, 11 Agustus 2010 - 15:05 WIB

Jemaah Tarekat Syatariah di Sumbar belum puasa

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Padang--Ribuan pengikut aliran tarekat Syatariah yang tersebar di sejumlah kawasan di Sumatera Barat (Sumbar), belum menjalani ibadah puasa. Sebagian dari mereka baru akan memulai ibadah puasa besok, Kamis (12/8/).

Demikian disampaikan Imam Satariyah Musala Darul Fallah Simpang Kalumpang, Padang Ustadz Afriyono kepada detikcom melalui telepon, Rabu (11/8).

Advertisement

Menurut dia, meski sama-sama penganut Tarekat Satariyah tidak semua pengikutnya akan mulai melaksanakan ibadah puasa besok.

“Penganut Satariyah terbesar di Kabupaten Padang Pariaman belum akan memulai puasa besok karena mereka baru akan melakukan Rukhiyatul hilal atau melihat bulan. Yang sudah memastikan akan puasa besok adalah jemaah Satariyah di Kecamatan Koto Tangah Padang, terutama yang berada di lingkungan Musala Darul Fallah dan Pesantren Batang Kabung,” ujarnya.

Dikatakan Afriyono, jemaah Satariyah di lingkungan Musala Darul Fallah, sudah melakukan Rukhiyatul Hilal dengan memantau di sejumlah lokasi kemarin namun belum melihat bulan.

Advertisement

Jemaahnya, kata dia, memutuskan untuk melaksanakan puasa besok dengan menggenapkan bulan Sya’ban menjadi 30 hari.

Pengikut tarekat Syatariah di Sumbar, hampir setiap tahunnya melaksanakan ibadah puasa dua hari lebih akhir dari ketetapan pemerintah. Karena puasa telat dua hari, pengikut Satariyah biasanya juga lebih akhir 2 hari merayakan hari raya Idul Fitri.

Aliran ini berpusat di Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman dan memiliki jemaah menyebar di Sumbar.

Advertisement

Selain pengikut Satariyah, di Sumbar juga terdapat pengikut Naqsabandiyah.

Bila Satariyah belum memulai ibadah puasa, pengikut Naqsabandiyah justru sudah mengawali puasa pada tanggal 9 Agustus atau 2 hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

dtc/nad

Advertisement
Kata Kunci : Belum Puasa Satariyah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif