Selasa, 10 Agustus 2010 10:26 WIB News Share :

Polri
Ba'asyir punya gagasan peledakan

Jakarta–Polri meyakini Amir Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Abu Bakar Ba’asyir terkait kelompok teroris Aceh. Polisi menduga Ba’asyir memiliki peran besar dalam rencana aksi kelompok tersebut.

“Kita punya bukti dia yang punya gagasan merencanakan peledakan,” kata Kabid Penum Mabes Polri Kombes Pol Marwoto saat dihubungi, Selasa (10/8).

Alasan Ba’asyir melakukan peledakan itu pun, lanjut Marwoto, bertujuan sebagai jihad. “Mungkin ingin mengganti negara,” imbuhnya.

Keterangan itu diperoleh Polri berdasarkan pengakuan dari sejumlah tersangka yang sudah ditangkap. Antara lain berdasarkan pengakuan Ubeid yang kini ditahan di Rutan Brimob Kelapa Dua, Depok.

Sebelumnya pengacara Ba’asyir, Mahendradata, menepis tudingan polisi soal kaitan dengan kasus terorisme. Bahkan saat diperiksa dengan 41 pertanyaan Ba’asyir sama sekali tidak memberikan jawaban.

“Segala perlawanan hukum adalah tugas kami. Kami akan lakukan termasuk upaya politik lainnya,” kata Mahendra di Mabes Polri, Senin (9/8) malam.

dtc/rif

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…