News
Selasa, 10 Agustus 2010 - 13:46 WIB

Pemudik motor dilarang bawa muatan berlebih

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Pemudik yang hendak menggunakan sepeda motor ke kampung halamannya dilarang membawa barang-barang bermuatan berlebih. Hal itu dikarenakan bisa membahayakan keselamatan pemudik sendiri.

“Jika muatannya overload, tidak sesuai kapasitasnya tentu dilarang,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Boy Rafli Amar kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (10/8).

Advertisement

Boy mengatakan, pemudik motor juga dilarang berboncengan lebih dari 2 orang. “Kan ada ya, yang berboncengan 4 orang. Belum lagi bawa kardus, tas-tas besar, itu tidak boleh,” katanya.

Selain itu, Boy juga mengimbau agar pemotor tidak membawa anak-anak saat mudik dengan motor. Selain membahayakan keselamatan, kesehatan anak juga terganggu.

“Anak-anak nanti terkena asap kendaraan, masuk ke paru-paru. Kan jadi penyakit,” katanya.

Advertisement

Larangan membawa anak saat mudik, karena Boy khawatir anak-anak bisa ketiduran saat dibonceng di atas motor. “Nanti kalau jatuh, siapa yang mau tanggungjawab?” Katanya.

Karena itu, lanjut Boy, sebaiknya masyarakat diimbau untuk menggunakan kendaraan umum saat mudik. “Namun, jika memaksakan untuk mudik dengan menggunakan motor, anak-istri sebaiknya dinaikkan ke angkutan umum saja,” tuturnya.

Boy menegaskan, jika pemudik masih menggunakan motor dengan barang bawaan yang berlebihan, maka akan ditilang. “Akan ditilang, karena tidak sesuai peruntukannya,” tutupnya.

dtc/nad

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif