News
Selasa, 10 Agustus 2010 - 20:29 WIB

Menag: Awal Ramadan diputuskan 11 Agustus 2010

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1431 H jatuh pada 11 Agustus 2010. Keputusan ini diambil setelah tim rukyat melihat hilal di empat lokasi.

Keputusan ini diambil melalui Sidang Itsbat Awal Ramadan 1431 H di Kementerian Agama Jl Lapangan Banteng, Selasa (10/8).

Advertisement

“Perkenankan saya menyatakan, menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadan 1431 H, jatuh pada Rabu 11 Agustus,” ujar Menag Suryadharma Ali saat sidang Itsbat.

Keputusan diambil tepat pukul 19.37 WIB. Menag lalu langsung mengetukkan palu disambut tepuk tangan hadirin.

Sebelum keputusan ditetapkan secara resmi, Menag membuka dialog dengan para peserta sidang. Sejumlah peserta, seperti dari Muhammadiyah, NU, dan Jamaah Al Wasliyah menyampaikan komentarnya. Namun, tak ada satu pun dari mereka yang menolak hasil pengamatan hilal itu.

Advertisement

Ketua Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Depag, Rohadi Abdul Fatah, yang menyampaikan hasil pemantauan dari berbagai tempat. Menurut Rohadi, hilal terlihat di empat lokasi, yaitu Probolinggo, Gresik, Cilincing Jakarta Utara, dan Bengkulu.

Dikemukakan Rohadi, para saksi yang melihat hilal tersebut sudah disumpah oleh pengadilan setempat.

Sebelumnya, Rohadi juga menyampaikan hasil-hisal hisab yang dilakukan oleh ormas-ormas Islam. Hasil hisab memperlihatkan hasil Ijtima akhir Sya’ban 1431 H, jatuh pada 10 Agustus 2010 atau 29 Sya’ban 1431 H pukul 10.09 WIB.

Advertisement

“Ijtima jatuh Selasa pukul 10.09. Maka Ramadan jatuh Rabu 11 agustus 2010,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Urusan Agama Islam Depag ini.

Sidang Itsbat dipimpin langsung Menag dan dihadiri Ketua MUI Ma’ruf Amin dan para pejabat Kemenag. Hadir pula para pengurus ormas Islam dan duta besar negara-negara sahabat, dan anggota BHR (Badan Hisab Rukyat).

dtc/nad

Advertisement
Kata Kunci : 11 Agustus Awal Ramadan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif