Selasa, 10 Agustus 2010 16:58 WIB News Share :

Achwan gantikan Ba'asyir pimpin JAT

Jakarta--Sejak Abu Bakar Ba’asyir di tangkap Polri, jabatan pimpinan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) kosong. Untuk sementara, JAT telah mengangkat pimpinan baru.

“Beliau dulu dari Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), kemudian pindah ke JAT menjadi amir di wilayah timur di Jawa Timur,” kata juru bicara JAT, Son Hadi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, (10/8).

Keputusan itu telah diambil sejak, Senin (9/8) malam. JAT resmi menunjuk Achwan untuk memimpin sementara.

“Tadi malam dibicarakan. Memimpin sementara sejak hari ini sampai beliau (Ba’asyir) bisa memimpin kembali,” jelas Hadi.

Son menjelaskan, Achwan dikenal bukan pengasuh pondok pesantren melainkan pejuang MMI. Pria berusia 60 tahun itu saat ini tinggal di Malang.

Berdasarkan catatan, kata Hadi, Achwan pernah terlibat pengeboman Candi Borobudur pada 21 Januari 1985. Achwan dianggap telah melakukan tindakan makar oleh Pemerintah Orde Baru di bawah Soeharto yang saat itu berkuasa.

“Akibat tuduhan terlibat dalam aksi itu, beliau (Achwan) pernah dipenjara seumur hidup masa Orba, tapi dibebaskan sama Gus Dur,” tandasnya.

dtc/nad

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Industri Kreatif dan Daya Saing Bangsa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (28/6/2017). Esai ini karya Indra Tranggono, seorang pengamat budaya yang tinggal di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah indra.tranggono23@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Industri kreatif bangsa Indonesia terus bergerak menjadi kekuatan budaya yang mampu…