Selasa, 10 Agustus 2010 14:33 WIB News Share :

144 Anggota Kodam XVII Cenderawasih positif HIV/AIDS

Jayapura–Sebanyak 144 Anggota Kodam XVII Cenderawasih, positif mengidap HIV/AIDS. Sebagian besar terjangkit melalui hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan.

Angka tersebut langsung mengukuhkan Kodam XVII Cenderawasih sebagai daerah militer yang memiliki prasentase terbesar di seluruh Indonesia, yang Anggota TNInya mengidap HIV/AIDS.

Menurut Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen Hotma Marbun, sebanyak 144 anggota itu tersebar di seluruh Papua dan berada dalam pengawasan tim kesehatan pada masing-masing batalyonnya.

Para anggota tersebut, juga masih menjalankan tugas kenegaraan sebagaimana mestinya dan secara rutin mengkonsumsi obat ARV untuk menjaga kondisi fisik mereka.

“Jadi, mereka masih menjalankan tugas dan tetap berada dalam bimbingan tim kesehatan kita (TNI,red),” kata Pangdam pada acara Coffie Morning bersama kalangan pers Jayapura, bertempat di Aula Tony Rompis Kodam XVII Cenderawasih, Selasa (10/8).

Ditambahkan Pangdam, berkaitan dengan hal ini pihaknya terus berupaya untuk menekan tingginya angka kasus HIV/AIDS yang menimpa para anggotanya, melalui berbagai kegiatan penyuluhan serta kegiatan terkait lainnya. Yang tak kalah pentingnya, lanjut Marbun, para pengidap HIV/AIDS tersebut, tak mendapat stigma, diskriminasi maupun intimidasi dari para anggota TNI lainnya.

“Justeru sebaliknya, para anggota pengidap HIV/AIDS dirangkul dan diberi dukungan semangat oleh teman-temannya untuk dapat sembuh dari penyakit mematikan itu,” tuturnya.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…