Senin, 9 Agustus 2010 17:27 WIB News Share :

Menkominfo
Media massa harus jujur

Yogyakarta–Media massa dalam menyampaikan informasi harus jujur dan sejalan dengan karakter bangsa yang bermoral, karena pengaruh media sangat luar biasa bagi masyarakat, kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Sembiring.

“Selain itu, media massa juga harus memiliki adab dan mandiri. Dalam hal ini, media harus memiliki nuansa keberimbangan dalam menyampaikan berbagai pesan kepada masyarakat,” katanya pada seminar penyiaran di Yogyakarta, Senin (9/8).

Menurut dia, seluruh media massa khususnya lembaga penyiaran harus bisa memberikan nuansa keberimbangan dalam siaran yang membuat masyarakat lebih optimistis dan tercerahkan.

“Lembaga penyiaran handaknya tidak mengejar rating semata, tetapi juga memperhatikan karakter bangsa yang bersatu yang perlu toleransi, saling menghormati dan menghargai. Hal itu yang harus ditumbuhkan, bukan diprovokasi,” ucapnya menegaskan.

Ia mengatakan, pembangunan karakter bangsa secara nasional hendaknya juga bisa diikuti oleh pelaku media maupun lembaga penyiaran. Masing-masing harus menjalankan perannya secara positif dan memiliki landasan berimbang dalam menyampaikan berbagai hal.

Media massa juga harus kembali kepada jati diri Indonesia dengan landasan Pancasila, sehingga tidak hanya memberitakan kekurangan atau sisi negatif bangsa. Media harus berimbang meskipun dalam fakta ada banyak hal yang belum dicapai dan banyak masalah yang dihadapi bangsa ini.

“Media massa memiliki peran yang sangat besar dalam membangun karakter bangsa dan mempunyai tanggung jawab moral pada bangsa,” tutur Menkominfo.

ant/rif

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…