Minggu, 8 Agustus 2010 20:54 WIB Boyolali Share :

Tradisi padusan di Pengging diawali dengan kenduri

Boyolali (Espos)--Tradisi padusan di Pengging yang dilaksanakan Senin (9/8) besok akan diawali dengan kegiatan kenduri selamatan, kemudian dilanjutkan dengan kirab budaya dan ditutup dengan kegiatan siraman.

Kasi Sejarah dan Nilai Tradisi Disparbud, Djikan mengatakan Pemkab Boyolali melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispubdar) menyiapkan tiga lokasi yang akan digunakan untuk kegiatan tradisi padusan menjelang bulan Ramadan. Ketiga lokasi itu berada di Pantaran, Ampel, Umbul Tlatar dan Umbul Pengging.

Dari ketiga lokasi itu, dua kegiatan di Ampel dan Tlatar akan dikelola oleh masing-masing desa. Sedang Umbul Pengging akan dikelola oleh Disparbud.

“Kenduri akan dilaksanakan di Pengging, kemudian kirab dari Taman Kapujanggan dan siraman dimulainya tradisi padusan akan digelar di Umbul Ngabeyan, Pengging,” ujarnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (7/8).

Ditambahkannya, dalam kirab budaya itu juga diikuti paguyuban Kades se-Banyudono dan abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta.

fid

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…