News
Minggu, 8 Agustus 2010 - 22:03 WIB

Jelang ramadhan, harga kebutuhan pokok merangkak naik

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Menjelang bulan Puasa harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Solo kembali merangkak naik. Dari informasi yang dihimpun Espos di Pasar Legi, Minggu (8/8), beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga di antaranya minyak goreng (Migor), daging ayam dan tepung terigu.

Salah satu pedagang kebutuhan pokok, Hari Sutarti, 59, saat ditemui Espos menyampaikan kenaikan harga sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Ia menyebutkan, Migor curah yang sebelumnya Rp 8.500 per kilogram saat ini berada pada kisaran harga Rp 9.500 per kilogram. Sedangkan tepung terigu naik dari Rp 5.000 per kg menjadi Rp 6.000 per kg.

Advertisement

“Kenaikan harga kembali terjadi selama sepekan terakhir. Padahal, baik pasokan maupun permintaan masih tetap sama saja. Tetapi, rata-rata harga dari agen dan distributor juga sudah naik, ” ujar Hari Sutarti.

Kenaikan harga menjelang bulan puasa yang sudah menjadi siklus tahunan ini sangat disayangkan. Karena, sebelum bulan puasa saja sudah terjadi kenaikan yang cukup tinggi pada hampir semua kebutuhan pokok. “Kok sekarang masih naik lagi. Dan seperti biasa, kenaikan harga masih terjadi pada komoditas-komoditas yang banyak dikonsumsi selama bulan Puasa dan Lebaran.”

Sementara itu, untuk ayam potong yang sebelumnya sudah naik dari harga normal Rp 20.000 per kilogram menjadi Rp 24.000 per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 25.000 per kilogram, bahkan ada yang mencapai Rp 26.000 per kilogram.

Advertisement

Salah satu pedagang ayam di Pasar Legi, Siti, 54, menuturkan harga ayam masih akan terus naik hingga sepekan awal Lebaran. “Waktu bulan Puasa tahun lalu saja harganya bisa sampai Rp 27.000 per kilogram. Ini prediksinya masih naik terus sampai pekan awal puasa,” tuturnya.

Sementara harga stabil terjadi pada komoditas beras. Beras C4 bisa bertahan pada harga Rp 6.500 hingga Rp 7.000 per kilogram dan beras C4 super masih berkisar Rp 7.500 hingga Rp 8.000 per kilogram. Beras mentik juga Rp 8.000 per kilogram.

haw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif