Minggu, 8 Agustus 2010 22:03 WIB Ekonomi Share :

Jelang ramadhan, harga kebutuhan pokok merangkak naik

Solo (Espos)–Menjelang bulan Puasa harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Solo kembali merangkak naik. Dari informasi yang dihimpun Espos di Pasar Legi, Minggu (8/8), beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga di antaranya minyak goreng (Migor), daging ayam dan tepung terigu.

Salah satu pedagang kebutuhan pokok, Hari Sutarti, 59, saat ditemui Espos menyampaikan kenaikan harga sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Ia menyebutkan, Migor curah yang sebelumnya Rp 8.500 per kilogram saat ini berada pada kisaran harga Rp 9.500 per kilogram. Sedangkan tepung terigu naik dari Rp 5.000 per kg menjadi Rp 6.000 per kg.

“Kenaikan harga kembali terjadi selama sepekan terakhir. Padahal, baik pasokan maupun permintaan masih tetap sama saja. Tetapi, rata-rata harga dari agen dan distributor juga sudah naik, ” ujar Hari Sutarti.

Kenaikan harga menjelang bulan puasa yang sudah menjadi siklus tahunan ini sangat disayangkan. Karena, sebelum bulan puasa saja sudah terjadi kenaikan yang cukup tinggi pada hampir semua kebutuhan pokok. “Kok sekarang masih naik lagi. Dan seperti biasa, kenaikan harga masih terjadi pada komoditas-komoditas yang banyak dikonsumsi selama bulan Puasa dan Lebaran.”

Sementara itu, untuk ayam potong yang sebelumnya sudah naik dari harga normal Rp 20.000 per kilogram menjadi Rp 24.000 per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 25.000 per kilogram, bahkan ada yang mencapai Rp 26.000 per kilogram.

Salah satu pedagang ayam di Pasar Legi, Siti, 54, menuturkan harga ayam masih akan terus naik hingga sepekan awal Lebaran. “Waktu bulan Puasa tahun lalu saja harganya bisa sampai Rp 27.000 per kilogram. Ini prediksinya masih naik terus sampai pekan awal puasa,” tuturnya.

Sementara harga stabil terjadi pada komoditas beras. Beras C4 bisa bertahan pada harga Rp 6.500 hingga Rp 7.000 per kilogram dan beras C4 super masih berkisar Rp 7.500 hingga Rp 8.000 per kilogram. Beras mentik juga Rp 8.000 per kilogram.

haw

lowongan kerja
lowongan kerja PT.DWI ABADI FARMA-USFI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Iklan Baris
  • Lowongan Administrasi

    LANGSUNG Kerja!!!! AKUR OPTIK BantuL dengan 13 Cab Membutuhkan Adminitrasi : – Berpengalaman Dalam Bidan…

Leave a Reply



3

Kolom

GAGASAN
Investasi Hijau di Soloraya

Gagasan Solopos, Rabu (1/2/2017) I Gusti Putu Diva Awatara. Pengajar Program Magister Manajemen STIE AUB Solo. Beralamat email di gruppe_cemara@yahoo.co.id Solopos.com, SOLO — Kunjungan Bupati Sukoharjo dan Bupati Karanganyar terkait pembelajaran pengelolaan sampah di Amerika Serikat pada akhir Desember 2016 lalu…