Minggu, 8 Agustus 2010 17:25 WIB Internasional Share :

Gamelan pun jadi tontonan wisudawan di Malaysia

Selangor--Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) di Selangor, Malaysia, menggelar wisuda. Yang unik, wisudawan disajikan film dokumenter wisata Malaysia yang menampilkan alat musik gamelan Jawa.

Wisuda ini digelar Sabtu (7/8). UKM memiliki 26 ribu mahasiswa termasuk 2.600 mahasiswa asing termasuk Indonesia. Raja Negeri Sembilan, hadir dalam wisuda itu.

Sebelum acara dimulai, wisudawan dan keluarganya disajikan film dokumenter lewat 2 monitor raksasa di dalam gedung. Film dokumenter ini tentang potensi wisata di Malaysia.

Yang unik, salah satu potensi wisata yang ditampilkan adalah alat musik tradisional Jawa yaitu Gamelan. Namun memang tidak diperdengarkan suara gamelan, hanya suara narasi soal potensi wisata Malaysia.

Sekilas, timbul kesan untuk para undangan, kalau Gamelan itu alat musik tradisional Malaysia.

“Kalau kita orang Indonesia, melihat tontonan alat musik itu jelas, itu berasal dari Tanah Air kita. Tapi bagi pengunjung yang dari luar negeri lainnya, pasti akan menimbulkan kesan bahwa alat musik tradisonal itu milik Malaysia,” komentar Syahrial Usman, 56, WNI di Kampus UKM yang turut menyaksikan anaknya di wisuda.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…