News
Minggu, 8 Agustus 2010 - 17:25 WIB

Gamelan pun jadi tontonan wisudawan di Malaysia

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Selangor--Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) di Selangor, Malaysia, menggelar wisuda. Yang unik, wisudawan disajikan film dokumenter wisata Malaysia yang menampilkan alat musik gamelan Jawa.

Wisuda ini digelar Sabtu (7/8). UKM memiliki 26 ribu mahasiswa termasuk 2.600 mahasiswa asing termasuk Indonesia. Raja Negeri Sembilan, hadir dalam wisuda itu.

Advertisement

Sebelum acara dimulai, wisudawan dan keluarganya disajikan film dokumenter lewat 2 monitor raksasa di dalam gedung. Film dokumenter ini tentang potensi wisata di Malaysia.

Yang unik, salah satu potensi wisata yang ditampilkan adalah alat musik tradisional Jawa yaitu Gamelan. Namun memang tidak diperdengarkan suara gamelan, hanya suara narasi soal potensi wisata Malaysia.

Sekilas, timbul kesan untuk para undangan, kalau Gamelan itu alat musik tradisional Malaysia.

Advertisement

“Kalau kita orang Indonesia, melihat tontonan alat musik itu jelas, itu berasal dari Tanah Air kita. Tapi bagi pengunjung yang dari luar negeri lainnya, pasti akan menimbulkan kesan bahwa alat musik tradisonal itu milik Malaysia,” komentar Syahrial Usman, 56, WNI di Kampus UKM yang turut menyaksikan anaknya di wisuda.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Di Malaysia Gamelan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif