Minggu, 8 Agustus 2010 23:10 WIB Solo Share :

Besok, SK Menteri ditembuskan kepada KPCBN

Solo (Espos)--Benteng Vastenburg akhirnya resmi tercatat sebagai salah satu bangunan cagar budaya di Kementerian Budaya dan Pariwisata RI yang wajib dilindungi.

Terkait itulah, segala hal yang berkaitan dengan kerusakan dan penghilangan situs di sana akan berhadapan langsung dengan sanksi pidana minimal lima tahun penjara dan denda minimal Rp 10 miliar.

“Rencananya besok surat keputusan (SK) menteri itu bakal ditembuskan kepada KPCBN (Komunitas Peduli Cagar Budaya Nusantara-red>),” ungkap koordinator KPCBN, Agus Anwari kepada Espos, Minggu (8/8).

Tercatatnya Vastenburg di Kemenbudpar RI, kata Anwari, bakal kian memperkuat posisi tawar masyarakat dalam merebut kembali Vastenburg ke negara.

Hal itu juga akan membuka peluang lebar bagi kalangan masyarakat atau budayawan untuk ikut merawat dan mengawasi Vastenburg.

“Sebab, dalam salah satu klausul revisi UU Cagar Budaya ialah harus melibatkan masyarakat dalam mengambil kebijakan. Kalau tak melibatkan masyarakat, maka segala keputusan terkait cagar budaya tidak sah,” terangnya.

asa

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

KABAR ARTIS
Move On, Lucky Hakim Gandeng Bule Rusia

Kabar dari artis Lucky hakim yang dikabarkan sudah move on dan tengah dekat dengan bule Rusia. Solopos.com, SOLO – Artis sekaligus anggota DPR, Lucky Hakim, kembali menjadi sorotan publik. Sososknya dikenal kerap membuat sensasi, apalagi setelah menikah dengan Tiara Dewi,…