Minggu, 8 Agustus 2010 23:10 WIB Solo Share :

Besok, SK Menteri ditembuskan kepada KPCBN

Solo (Espos)--Benteng Vastenburg akhirnya resmi tercatat sebagai salah satu bangunan cagar budaya di Kementerian Budaya dan Pariwisata RI yang wajib dilindungi.

Terkait itulah, segala hal yang berkaitan dengan kerusakan dan penghilangan situs di sana akan berhadapan langsung dengan sanksi pidana minimal lima tahun penjara dan denda minimal Rp 10 miliar.

“Rencananya besok surat keputusan (SK) menteri itu bakal ditembuskan kepada KPCBN (Komunitas Peduli Cagar Budaya Nusantara-red>),” ungkap koordinator KPCBN, Agus Anwari kepada Espos, Minggu (8/8).

Tercatatnya Vastenburg di Kemenbudpar RI, kata Anwari, bakal kian memperkuat posisi tawar masyarakat dalam merebut kembali Vastenburg ke negara.

Hal itu juga akan membuka peluang lebar bagi kalangan masyarakat atau budayawan untuk ikut merawat dan mengawasi Vastenburg.

“Sebab, dalam salah satu klausul revisi UU Cagar Budaya ialah harus melibatkan masyarakat dalam mengambil kebijakan. Kalau tak melibatkan masyarakat, maka segala keputusan terkait cagar budaya tidak sah,” terangnya.

asa

lowongan kerja
lowongan kerja Homeschooling Kak Seto Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Bung Karno, Lenso, Cha Cha Cakrabirawa

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (2/6/2017). Esai ini karya Albertus Rusputranto P.A., pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah titusclurut@yahoo.co.uk Solopos.com, SOLO — Cakrabirawa adalah nama kesatuan pasukan penjaga Istana…