News
Sabtu, 7 Agustus 2010 - 18:35 WIB

Wapres : Peran pers tidak tepat, rusak sistem

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bogor–Wakil Presiden Boediono mengingatkan peran pers yang tidak tepat dan profesional bisa merusak sistem kenegaraan, sehingga wartawan dituntut meningkatkan integritas dan profesional.

“Apapun kalau informasi yang disampaikan tidak pas maka bisa merusak seluruh sistem,” kata Wapres Boediono, di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (7/8).

Advertisement

Hal tersebut dikemukakan Wapres Boediono saat bersilaturahmi dengan puluhan wartawan yang sehari-hari meliput di lingkungan Istana Wapres.

Menurut Wapres, jika ada pihak yang mengatakan pilar keempat demokrasi adalah pers, sesungguhnya sangat betul dan bukan basa-basi, sehingga peran pers sangat penting untuk masa depan sistem ekonomi demokrasi.

“Informasi harus memiliki nilai dan bukan hanya kata-kata dan harus memiliki kebenaran. Saya yakin fungsi itu harus tetap melekat pada setiap wartawan,” kata Boediono.

Advertisement

Wapres menekankan kembali, fungsi dan peran wartawan yang harus menyampaikan kebenaran informasi jangan sampai dilupakan, karena apapaun kalau disampaikan info yang tidak pas maka rusak seluruh sistem.

Untuk itu, lanjut Boediono mengingatkan, wartawan harus tetap bekerja secara profesional dan memiliki integritas, berita juga bukan suatu yang transaksional.

Satu hal yang perlu diingat oleh para wartawan, kata Wapres, adalah memiliki aset yang harus mampu dipercaya dan itu merupakan aset yang luar biasa.

Advertisement

“Kepercayaan itu sangat penting, peliharalah kepercayaan itu. kalau belum punya harus dipupuk dan dikembangkan,” tutur Wapres.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif