Sabtu, 7 Agustus 2010 14:05 WIB News Share :

Ribuan warga antri di kantor pos Cianjur

Cianjur–Ribuan warga tergolong Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dari tiga desa di Kecamatan Cianjur Kota, Jabar, mendatangi Kantor Pos Indonesia di Cianjur untuk mengambil jatah Program Keluarga Harapan (PKH), Sabtu (7/8).

Program pemberian dana langsung dari pemerintah pusat tersebut, mendapat antusiasme masyarakat miskin dimana mereka rela mengantri sejak pukul 07.00 WIB.

Meskipun saling berdesak-desakan, antrian yang didominasi kaum ibu itu, berjalan lancar karena petugas telah memasang jalur-jalur antrian dengan bentangan tali.

Kepala Bagian (Kabag) Pemasaran Kantor Pos Cianjur, Saepul Bahri, mengatakan, jadwal pembagian jatah PKH untuk RTSM tersebut, sengaja dimajukan dari jadwal semula.

Rencananya, pembagian bantuan pemerintah sejenis Bantuan Langsung Tunai (BLT) itu, awalnya baru akan dilakukan pada 14 Agustus 2010 mendatang.

“Karena tanggal tersebut sudah masuk bulan puasa, takut para penerima tidak kuat karena sedang berpuasa, maka kami majukan,” katanya.

Dia menjelaskan, jumlah penerima jatah PKH di wilayah Cianjur, sebanyak 19.390 orang, dengan total dana yang dialokasikan dari pusat sebesar Rp 6,5 miliar.

Pembagian dana bantuan tersebut, kata dia, sudah dilakukan sejak Kamis, sampai dengan tanggal 10 Agustus.

Dia menegaskan, mereka yang menerima program bantuan langsung, adalah warga yang memenuhi sejumlah prasyarat atau kriteria yang telah ditetapkan, di antaranya ibu yang sedang hamil, menyusui dan keluarga tidak mampu yang memiliki anak usia sekolah.

“Jadi nominal dari setiap penerima bervariatif, ditentukan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Besarannya mulai dari Rp 50-550.000,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang penerima jatah PKH, Rani Anggraeni, 32, mengaku senang bisa menerima uang bantuan tersebut, terutama menjelang bulan puasa kali ini.

“Uang sebesar itu, menjelang bulan Puasa, sangat besar artinya bagi kami. Dana tersebut akan kami pakai untuk belanja keperluan selama bulan puasa,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…