News
Sabtu, 7 Agustus 2010 - 12:34 WIB

Kementerian Agama: Tidak ada mafia haji

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Media AS menyoroti pentingnya mewaspadai mafia haji di Indonesia. Namun, Kementerian Agama menyangkal keberadaan para koruptor tersebut.

“Selalu begitu akhirnya, terbentuk opini publik bahwa korupsi besar-besaran sedang terjadi di sini. Tak ada mafia haji dan kementerian ini benar-benar bersih,” papar Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kementerian Agama, Abdul Ghafur Djawahir, seperti dilansir New York Times dan dikutip inilah.com, Sabtu (7/8).

Advertisement

Untuk jadwal haji yang dijadwalkan pertengahan November, Kementerian telah menurunkan harganya US$80 atau sekitar Rp 715.000 menjadi US$3.342 atau sekitar Rp 28,5 juta jika dibandingkan tahun lalu.

Meski begitu, kelompok-kelompok antikorupsi merasa tanpa ada penggelapan atau mismanagement, biaya haji bisa diturunkan beberapa juta rupiah lagi. Menurut Indonesian Corruption Watch (ICW), korupsi terlihat dari orang pemerintah sendiri yang menikmati haji lebih murah.

Sebagai balasannya, imbuh ICW, takkan ada pertanyaan mengenai bagaimana dana US$2,4 miliar (Rp 21,4 triliun) dalam deposit ditangani pemerintah. “Untuk apa uang itu digunakan, kita takkan pernah tahu. Padahal itu uang rakyat, milik jamaah haji,” kata periset ICW, Ade Irawan, juga dalam media itu.

Advertisement

rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif