News
Sabtu, 7 Agustus 2010 - 16:56 WIB

Inilah Profil 7 Calon Pimpinan KPK

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Panitia Seleksi Pengganti Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengerucutkan tujuh nama bakal calon pimpinan KPK. Berikut inilah profil singkat mereka.

Pansel berhasil merampungkan proses penyeleksian tahap dua kepada 12 bakal calon di Gedung Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jakarta, Jumat malam (6/8). Tujuh orang yang lolos untuk tahap wawancara adalah Bambamg Widjojanto, Chairul Rasyid, Sutan Bagindo Fahmi, I Wayan Sudirta, Jimly Assdiqie, Meli Darsa, dan M Busyro Muqoddas.

Advertisement

Bambang Widjojanto adalah eks Ketua Dewan Pengurus YLBHI. Dia menjadi pengacara pimpinan KPK Bibit dan Chandra saat menghadapi kasus dugaan pemerasan yang kemudian dihentikan oleh Kejaksaan Agung.

Chairul Rasyid bakal calon dari kalangan Polri. Sebelum mencalonkan diri sebagai Ketua KPK,purnawirawan polisi berpangkat inspektur jendral itu pernah menjajal bursa Gubernur Jawa Tengah namun gagal sebelum mendaftarkan diri ke KPU.

Sutan Bagindo Fahmi pernah menjadi asisten pidana khusus Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara. Jaksa ini, pernah mendapatkan sanksi disiplin organisasi saat menangani kasus Adelin Lis.

Advertisement

I Wayan Sudirta adalah satu-satunya bakal calon yang lolos ke tahap ini dari kalangan politisi. Ia adalah anggota DPD RI. Ia sempat bergabung dalam beberapa organisasi masyrakat antikorupsi.

Jimly Asshidiqie yang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, terakhir menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Meli Darsa calon dari kalangan akademisi. Ia adalah advokat lulusan Harvard Law School.

Advertisement

M Busyro Muqoddas ialah Ketua Komisi Yudisial, dan tercatat sebagai penasihat PP Muhammadiyah.

inilah/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif