Jumat, 6 Agustus 2010 17:34 WIB News Share :

Pembangunan gedung baru DPR Rp 1,16 T dimulai Oktober 2010

Jakarta–Kritik dan kecaman publik terhadap proyek pembangunan gedung baru DPR tidak membuat para wakil rakyat mundur. DPR malah akan memulai pembangunan gedung baru yang akan dimulai pada bulan Oktober mendatang.

“Ya sekitar Oktober bisa peletekan batu pertama. Dua tahun lah (pembangunannya), tapi terlebih dulu saya akan lakukan uji publik dulu,” kata Ketua DPR Marzuki Alie di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (6/8).

Menurut politisi Partai Demokrat ini, uji publik akan dilakukan karena ingin mendapatkan masukan dari masyarakat. “Kita minta semua ditampilkan, baik itu desaignnya, filosofinya, biayanya juga dimasukkan disitu. Kalau mau dikritik, kritiklah habis-habisan,” ujar dia.

Bangunan megah itu, lanjut Marzuki, diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 1.165 triliun. Dana untuk pembangunan awal, DPR akan merogoh kocek sekitar Rp 250 miliar.

“Biaya bangunan gedung itu Rp 1.165 triliun untuk bangun konstruksi, sedangkan untuk mekanikal dan pembangunan lain-lainnya itu saya belum dapat data. Untuk anggaran pertamanya Rp 250 miliar,” jelas wakil SBY di Partai Demokrat ini.

Marzuki mengungkapkan rencana tender kemungkinan akan dimulai pada bulan Agustus mendatang. “Kalau tender belum, konsultannya aja belum ditunjuk. Yang jelas untuk tender mulai Agustus. Saya sarankan dari BUMN lah,” harap Marzuki.

dtc/nad

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…