Jumat, 6 Agustus 2010 10:26 WIB Ekonomi Share :

Android salip BlackBerry dan iPhone

Jakarta–Android berhasil menggeser posisi BlackBerry dan iPhone sebagai ponsel paling laris terjual di Amerika Serikat selama kuartal kedua 2010 lalu.

Demikian menurut laporan NPD Group (National Parts Depot). Posisi Android terus merangsek naik ke posisi atas dengan perhitungan sebanyak 33% ponsel yang dibeli pasar dari awal April hingga akhir Juli.

Sementara BlackBerry besutan Research in Motion (RIM) terpaksa lengser ke posisi kedua dengan total pangsa pasar penjualan 28%. iPhone keluaran Apple harus puas bertengger di peringkat ketiga dengan total penjualan 22%.

“Sementara sistem operasi yang dikembangkan Google merebut pangsa pasar RIM, Apple mulai terlihat mendapatkan keuntungan dari iPhone 4 yang baru diluncurkannya,” tandas Executive Director bagian Analis NPD, Ross Rubin.

Seperti dikutip dari AFP, Jumat (6/8), ponsel Android paling populer adalah Motorola Droid, disusul HTC Droid Incredible dan HTC Evo 4G. RIM sendiri berharap akan kembali meraih posisi puncak dengan diluncurkannya smartphone Torch yang mengandalkan OS 6.

“BlackBerry OS 6 akan segera menawarkan fitur populer yang juga diluncurkan pada handset Android, seperti dukungan kapasitif layar sentuh dan browser berbasis WebKit,” tukas Robin yang juga menyayangkan layar Torch tidak memiliki daya tarik layaknya Android maupun iPhone.

“Meskipun iPhone telah menjadi headline penjualan selama beberapa tahun terakhir di pasar smartphone, sistem operasi Android justru menunjukkan ekspansi paling signifikan diantara pelanggan saat ini,” papar lembaga riset Nielsen ketika mengumumkan hasil pengamatannya.

dtc/rif

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Paradoks Kesehatan Tenaga Medis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (1/7/2017). Esai ini karya Isna Rahmawati Retnaningsih, mahasiswa Program Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sebelas Maret yang berpengalaman praktik kebidanan. Elamat e-mail penulis adalah rahmawatiisna.ir@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dunia kesehatan Indonesia kembali berduka. Pada Senin…