Kamis, 5 Agustus 2010 17:51 WIB Wonogiri Share :

Kuota CPNS Wonogiri 2010 hanya 197 lowongan

Wonogiri (Espos) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri hanya mendapat kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2010 sebanyak 197 lowongan. Kuota tersebut masih sangat jauh dari kebutuhan pegawai di Pemkab yang diprioritaskan mencapai 1.646 orang.

Tak hanya itu, jika dibandingkan dengan kuota penerimaan CPNS formasi 2009 lalu, jumlah kuota ini juga turun drastis. Tahun lalu, Pemkab bisa membuka 286 lowongan. Pemkab, tengah mengupayakan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) agar kuota itu bisa ditambah, namun itupun belum tentu dikabulkan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Reni Ratnasari, ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/8) mengungkapkan, dari informasi yang diterimanya, jumlah keseluruhan lowongan CPNS secara nasional pada 2010 ini memang mengalami penurunan. Jumlah itu kemudian dibagi per provinsi dan dibagi lagi per kabupaten/kota.

“Untuk Wonogiri tahun ini jatahnya menurun. Hanya 197 lowongan, terdiri atas 89 tenaga kependidikan, 59 tenaga kesehatan dan 49 tenaga teknis. Tapi penjabaran ke masing-masing formasi misalnya teknis bidangnya apa saja dan seterusnya, belum dirumuskan,” jelas Reni.

Reni mengakui jatah formasi CPNS sebanyak 197 lowongan memang sangat jauh dari harapan. Sebab, berdasarkan pendataan kebutuhan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD), total kebutuhan tenaga yang diprioritaskan untuk segera diisi mencapai 1.646 lowongan.

Belum lagi adanya PNS yang purna tugas (pensiun), baik karena sudah memasuki batas usia pensiun (BUP) maupun atas permintaan sendiri (APS). Menurut Reni, sejak Januari-Mei 2010 lalu, PNS yang purna tugas karena BUP sebanyak 546 orang. Sedangkan yang pensiun karena APS atau sakit sekitar 20 orang.

shs

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…