Kamis, 5 Agustus 2010 15:20 WIB News Share :

Kritik Mega kepada SBY tak akan punya pengaruh banyak

Jakarta--Kritikan Megawati kepada Pemerintahan SBY dinilai hanya sebagai keluhan yang tidak akan ada pengaruhnya. Sebab, Megawati tidak pernah secara serius menjadikan PDIP sebagai partai oposisi.

“Percuma sebetulnya Megawati mengeluh. Sejauh oposisi tak diperkuat dan tak dilembagakan, maka semua keluhan itu tak ada gunanya,” kata pengamat politik Arbi Sanit di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, (5/8).

Menurut Arbi, kondisi Indonesia yang dianggap megawati sebagai kacau-balau terjadi karena konstelasi para elit politik yang tidak pernah bisa damai. Karena itu diperlukan niat baik yang sama oleh para elit untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

“Kalau tidak ada titik temu antar elit, bagaimana negara bisa damai,” jelas dia.

Dosen UI ini pun menyarankan kepada Mega untuk lebih konsisten mengawal partainya menjadi satu-satunya partai yang menunjukkan keberpihakan kepada rakyat secara nyata.

“Bila oposisi telah kuat, barulah keluhan-keluhan Mega itu bisa diperjuangkan di Parlemen. Kalau kondisi oposisi lemah seperti saat ini, lantas bisa apa,” tegasnya.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….