Kamis, 5 Agustus 2010 18:58 WIB Sragen Share :

Arus mudik diprediksikan meningkat 10%-15%

Sragen (Espos)--Arus mudik pada Lebaran tahun ini diprediksikan meningkat antara 10%-15%. Peningkatan arus mudik itu diperkirakan bakal didominasi pengendara sepeda motor.

Untuk antisipasi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) mulai melakukan koordinasi dengan instansi terkait, Kamis (5/8).

Kepala Unit Pelaksana Perhubungan (UPP) Wilayah Surakarta Dishubkominfo Jateng, Joko Widodo dalam koordinasi tersebut menerangkan, semua instansi terkait, seperti aparat kepolisian, Dinas Kesehatan dan PT KA diminta melakukan antisipasi arus mudik Lebaran, mengingat beberapa hari kedepan sudah masuk bulan puasa.

Menurut dia, lonjakan arus mudik tahun ini diprediksi bakal melonjak sampai 10%-15% untuk kabupaten/kota di Jateng.

“Kami akan siapkan pos Lebaran di 17 timbangan kendaraan di Jateng. Selain itu pos Lebaran juga bakal ditempatkan di 10 UPP di Jateng. Penempatan pos-pos Lebaran itu untuk membantu para warga yang kembali ke kampung halaman dan seterusnya,” ujar Joko.

Kepala Dishubkominfo Sragen, Tasripin mulai melakukan pendataan armada Lebaran dan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi teknis kendaraan secara rutin untuk menghadapi Lebaran.

Jumlah penumpang Lebaran yang menggunakan jalur darat di Sragen, kata dia, diprediksi sekitar 430.500 orang. Angka itu, menurut dia, lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 440.540 orang.

trh

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Bersua Warna

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (17/6/2017). Esai ini karya Na’imatur Rofiqoh, ilustrator lepas yang tinggal di Solo dan merupakan alumnus Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah naimaturr@gmail.com. Solopos.com,…