Soloraya
Rabu, 4 Agustus 2010 - 21:59 WIB

Wabah ternak merembet ke manusia

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Espos)--Wabah yang menimpa ternak di Dukuh Tegalsari, Desa Ketro, Tanon ternyata juga terjadi di Dukuh Glonggongan desa setempat.

Di Dukuh Glonggongan dua ternak, jenis sapi satu ekor dan kambing satu ekor mati sekitar tiga pekan lalu. Wabah yang menimpa ternak itu ternyata juga merembet pada manusia.

Advertisement

Sekitar tujuh orang warga Dukuh Glonggongan mengalami luka semacam koreng di kulit tangan dan kaki mereka, setelah menyembelih dan memotong-motong daging sapi yang mengidap penyakit.

Pihak Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Sragen saat ini terus melakukan tindakan penanganan sekaligus pencegahan agar wabah tidak kembali terjadi.

Warga Dukuh Glonggongan, Ketro, Surajo mengatakan kejadian yang melanda ternak di dukuh tempat dia tinggal terjadi sekitar tiga pekan lalu, atau berselang hampir satu bulan dengan wabah yang menimpa ternak di Dukuh Tegalsari, Ketro. Surajo terkena imbas berupa luka koreng, setelah ikut mengurusi pemotongan daging sapi yang diduga terkena wabah.

Advertisement

“Setelah kena itu, sampai sekarang sudah sekitar 20 hari. Luka seperti ini dan badan nggreges. Ini sudah diberi obat, sudah lumayan kering,” papar Surajo, saat ditemui Espos, di kediamannya, Rabu (4/8).

tsa

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Ke Manusia Wabah Ternak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif