Rabu, 4 Agustus 2010 19:54 WIB Wonogiri Share :

Usulan perpanjangan tak ada kabar, Pemkab tunjuk Plt Sekda

Wonogiri (Espos)–Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Suprapto, dalam waktu kurang dari sebulan lagi, akan memasuki masa pensiun. Proses administrasi purna tugasnya pun sudah rampung. Sementara pengajuan perpanjangan masa jabatannya ke pemerintah pusat belum mendapat jawaban.

Lantaran itu, Pemkab pun akhirnya mengambil langkah yang sesuai prosedur harus dilakukan, yaitu menetapkan seorang pejabat pelaksana tugas (Plt) untuk mengisi sementara jabatan Sekda yang ditinggalkan Suprapto. Pasalnya, hingga saat ini, Pemkab belum memproses pengajuan calon pejabat Sekda definitif.

Informasi yang diperoleh Espos, Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi akan menunjuk Kepala Inspektorat (Inspektur), Sutanto sebagai Plt Sekda. Begug sendiri, belum bisa ditemui maupun dihubungi untuk mengkonfirmasi kabar tersebut.

Namun, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Reni Ratnasari, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (4/8) membenarkan kabar itu. Menurutnya, bupati memang telah menetapkan salah satu dari beberapa calon yang diajukan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) sebagai Plt Sekda.

“Memang benar, dari beberapa alternatif yang diajukan, Bupati menunjuk, Pak Sutanto, Inspektur, sebagai Plt Sekda. Tapi itu kan harus dengan SK gubernur,” ungkapnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut SK itu apakah sudah turun atau belum.

Mengenai pejabat definitif pengganti Sekda, Reni mengatakan hal itu masih perlu tahapan dan hingga Rabu kemarin pihaknya belum menerima instruksi apapun mengenai hal itu dari Bupati. Satu hal yang jelas, Reni menegaskan, pihaknya sudah mengajukan enam nama pejabat eselon II yang dinilai memenuhi syarat sebagai calon pejabat definitif pengganti Sekda. Nama-nama itu sudah diajukan ke Bupati namun sepertinya belum diajukan ke Baperjakat Provinsi Jateng untuk mengikuti tes.

Sementara itu, Inspektur Kabupaten Wonogiri, Sutanto, saat dihubungi mengaku belum tahu menahu soal kemungkinan dirinya ditunjuk sebagai Plt Sekda. Namun begitu, jika memang Bupati menginginkan demikian, pihaknya siap menjalankan tugas yang dibebankan.

“Ya namanya perintah bagaimanapun tetap harus dijalankan. Tapi yang jelas sejauh ini saya belum tahu soal itu (penunjukan dirinya sebagai Plt Sekda-red),” tegasnya.

Penunjukan seorang Plt untuk menjalankan tugas-tugas Sekda menambah panjang deretan jabatan eselon II di Pemkab Wonogiri yang dijabat oleh Plt. Sebelumnya, menyusul pensiunnya Sekretaris DPRD (Sekwan), Adhie Sutanto, Pemkab telah menunjuk Asisten III Bidang Adminstrasi Setda Wonogiri, Annajib Thohari sebagai Plt Sekwan. Selain itu, Pemkab juga mengisi jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dengan menunjuk Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Gembong Muria Hadi sebagai Plt, menyusul pensiunnya Kepala DPU, Sudaryanto.

shs

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…