Rabu, 4 Agustus 2010 19:35 WIB Klaten Share :

Tiga kelemahan sering jadi kendala pelaporan keuangan

Klaten (Espos)--Ada tiga kelemahan yang sering menjadi kendala dalam pelaporan keuangan daerah.

Yakni manajemen inventarisasi aset yang belum optimal, sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) yang belum diterapkan dengan baik serta kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang menanganinya.

Deputi Bidang Investigasi, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jateng, Suradji MM menuturkan BPKP melakukan pemetaan masalah guna mengetahui aspek-aspek yang perlu dibenahi dalam pelaporan keuangan daerah.

Pemetaan dilakukan dengan mewawancarai kepala daerah serta staf-staf yang terlibat dalam pengelolaan keuangan wilayah setempat.

“Nantinya akan ada asistensi dan diagnosa atas kondisi keuangan daerah,” jelasnya dalam sosialisasi SPIP di Ruang B2 Setda Klaten, Rabu (4/8).

Menurutnya, semua dinas sebenarnya sudah melakukan SPIP tapi belum seluruhnya benar. Dia menjelaskan, satuan kerja akan diranking antara yang beres dan belum beres serta didampingi dalam melakukan pembenahan.

rei

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…