Rabu, 4 Agustus 2010 11:50 WIB News Share :

Seleksi pimpinan KPK, peserta jalani tes kejiwaan

Jakarta–Seleksi calon pimpinan KPK mulai memasuki babak akhir. Setelah lolos dari tahapan pembuatan makalah, 12 peserta yang tersisa kini menjalani tes kejiwaan dan wawancara.

“Agenda hari ini, psikotest untuk 12 orang dilakukan oleh lembaga independen namanya Dunamis,” kata Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK, Patrialis Akbar, di Gedung Kemenkum HAM, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/8).

Tes tersebut akan dilakukan hingga pukul 18.00 WIB. Patrialis meminta agar calon pimpinan KPK mengikuti seluruh rangkaian seleksi dengan jujur dan transparan.

“Satu orang itu minimal akan dites oleh tiga orang. Jadi kita menyerahkan sepenuhnya. Tanggal 6 Agustus akan terima hasil. Lalu kami rapat, dan tanggal 7 Agustus akan kami umumkan,” ujar pria yang juga menjabat Menkum HAM ini.

Dari hasil seleksi ini, Patrialis belum bisa memastikan apakah langsung muncul dua nama calon yang akan diajukan ke DPR. Hasil tes diserahkan sepenuhnya pada konsultan swasta yang menangani tes.

“Teknisnya kita serahkan pada Dunamis. Hasilnya tergantung mereka,” tegasnya. Setelah tahapan ini, agenda selanjutnya bagi para calon adalah tracking. Pansel akan menelusuri rekam jejak setiap peserta mulai dari karier hingga lingkungan sekitar rumahnya,” papar Patrialis.

dtc/ tiw

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Potensi Lokal untuk Kemandirian Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (11/8/2017). Esai ini karya Hadis Turmudi, mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta dan sedang menulis tesis tentang desa dan otonomi asli. Alamat e-mail penulis adalah adis.mandiri@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Desa-desa di Nusantara yang berjumlah kurang…