Rabu, 4 Agustus 2010 16:23 WIB Kesehatan Share :

Memainkan tindik lidah bikin gigi merenggang

Ann Arbor–Tidik di lidah menyimpan berbagai risiko yang lebih besar dibandingkan tindik di bagian lain. Bagi yang gemar memainkannya di dalam rongga mulut, salah satu risikonya adalah gigi menjadi renggang.

Terlebih jika perhiasan yang dipasang adalah logam berbentuk barbel, yang cukup populer di kalangan penggemar tindik lidah. Logam yang bulat di kedua ujungnya ini memang menggoda untuk dikulum-kulum sembari memainkan lidah.

Jika dilakukan terus menerus, kebiasaan tersebut rupanya dapat menyebabkan gigi bergeser sehingga menjadi lebih renggang. Hal ini terungkap dalam studi kasus yang dilakukan oleh Swasan Tabaa, DDS, MS, seorang profesor dari UM School of Dental School.

Studi ini melibatkan seorang gadis berusia 26 tahun, yang berkunjung ke kliniknya dengan keluhan rongga gigi terlalu lebar di rahang bagian depan. Dikutip dari Sciencedaily, Rabu (4/8), gadis itu memiliki tindik lidah yang dibuatnya 7 tahun lalu dan selalu dipasangi barbel.

Dalam waktu 7 tahun tersebut, si gadis tidak pernah melepas barbel itu dari tindikannya. Karena lidah sangat lunak, ia khawatir jika dilepas maka lubangnya akan menutup sehingga harus ditindik lagi agar bisa dipasangi perhiasan.

Sayangnya, keberadaan benda bulat tersebut membuat lidahnya ‘gatal’ dan tidak bisa diam. Kebiasaan barunya semenjak saat itu adalah memainkan lidah dengan mendorong-dorong barbel ke berbagai arah, hingga menekan deretan gigi di bagian depan.

Prof Tabaa membandingkan kondisi saat ini, dengan foto si gadis yang diambil sebelum melakukan tindik lidah. Ketika itu, giginya sangat rapat sehingga Prof Tabaa memastikan kebiasaan memainkan tindik sebagai penyebab rongga gigi merenggang.

Tidak ada cara lain, si gadis harus mengenakan kawat gigi untuk merapikan giginya kembali. Itupun masih disertai serangkaian terapi lainnya yang kabarnya memakan biaya hingga ribuan dolar Amerika.

Menurut Prof Tabaa, si gadis masih beruntung karena hanya mengalami pergeseran letak gigi yang masih bisa dipulihkan meski sangat mahal. Ditambahkan olehnya, tindik lidah bisa memicu berbagai gangguan yang lebih parah antara lain sebagai berikut.

1. Perdarahan
2. Infeksi
3. Gigi retak atau patah
4. Trauma pada gusi
5. Otak membengkak

dtc/ tiw

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…