Rabu, 4 Agustus 2010 14:52 WIB Karanganyar Share :

Lanjar resmi ajukan kasasi

Karanganyar (Espos)–Terhukum kasus kecelakaan lalu lintas di Colomadu, September 2009 lalu, Lanjar Sriyanto, resmi mengajukan kasasi atas putusan banding Pengadilan Tinggi Jateng dalam perkara tersebut, Rabu (4/8), melalui Pengadilan Negeri Karanganyar.

Permohonan kasasi disampaikan oleh Kuasa Hukum Lanjar Sriyanto, Muh Taufiq SH MH, dan diterima Panitera Muda Pidana PN Karanganyar, Restu Widodo SH. Seperti diketahui, Pengadilan Tinggi Jateng menghukum Lanjar Sriyanto selama satu bulan tujuh hari dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang menewaskan istrinya, Saptaningsih, pada September 2009.

‘Kami menempuh upaya hukum kasasi karena negara tidak ada untungnya menghukum Lanjar. Lanjar itu siapa, dia bukan pembunuh berdarah dingin, bukan koruptor. Lagipula dalam kasus kecelakaan itu dia juga menjadi korban,’ tegasnya kepada wartawan, kemain, ditemui di PN Karanganyar.

Menurut Taufiq, terkait kasus Lanjar, hukum Indonesia sudah ketinggalan. Seharusnya dalam proses penegakan hukum, aparat menganut prinsip restoratif justice, yaitu hukum untuk manusia dan bukan sebaliknya, manusia untuk hukum.

try

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…