News
Rabu, 4 Agustus 2010 - 10:52 WIB

Kebakaran hutan lalap 13 hangar dekat Moskow

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Moskow–Kebakaran hutan di dekat Moskow, Rusia ini merembet sampai melalap 13 hangar pesawat di pangkalan Angkatan Laut Rusia. Puluhan pesawat di hangar itu pun turut hangus terbakar.

Kebakaran yang melalap hangar di pangkalan milik AL Rusia ini terjadi pada Kamis 29 Juli 2010 lalu. Namun Kementerian Pertahanan Rusia menyangkal, bahwa 200 pesawat yang hancur karena kebakaran adalah fiksi belaka.

Advertisement

Namun Kejaksaan Agung mengungkapkan hal tersebut pada Selasa 3 Agustus 2010, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (4/8). Pernyataan Jaksa Agung itu merupakan konfirmasi resmi pertama api di pangkalan dekat Kolonna, 100 km (60 mil) tenggara Moskow.

“Seperempat pangkalan, kantor akuntan, klub, dua garasi, 13 hanggar dengan peralatan penerbangan dari berbagai jenis dan 17 area parkir dengan kendaraan berlokasi di sana dihancurkan oleh api,” kata jaksa penyelidik Kejaksaan dalam sebuah pernyataan.

Bahkan situs tabloid gaya hidup Lifenews.ru, yang terkenal karena berita kerasnya, mengatakan sekitar 200 pesawat dan helikopter, bernilai sampai dengan 20 miliar rubel, hilang dalam kobaran api. Situs itu juga memutar siaran yang memperlihatkan peralatan hangus dan abu.

Advertisement

Sementara lebih dari 40 orang tewas dan sekitar 2 ribu keluarga telah kehilangan rumah mereka karena kebakaran hutan di musim panas ini. Kebakaran yang dipicu gelombang panas di Rusia ini merupakan terburuk dalam beberapa dekade. Pemimpin Rusia bahkan telah menyatakan keadaan darurat di tujuh provinsi.

dtc/ tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kebakaran Hutan Moscow
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif