Selasa, 3 Agustus 2010 13:51 WIB Internasional Share :

Sekjen PBB akan hadiri peringatan Hiroshima dan Nagasaki

Tokyo— Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon Selasa (3/8) tiba di Jepang untuk menghadiri upacara peringatan bom atom Hiroshima dan Nagasaki 1945.

Ban akan menjadi Sekjen PBB pertama yang menghadiri Peringatan Mengenang Perdamaian di Hiroshima dan akan menjadi Sekjen badan dunia itu pertama mengunjungi Nagasaki.

Dia akan memulai lawatannya ke Jepang di Tokyo tempat dia diperkirakan akan bertemu dengan Perdana Menteri Naoto Kan, dan Menteri Luar Negeri Katsuya Okada sebelum bertolak ke dua kota di bagian barat tersebut.

Di kedua kota itu, Ban, berkebangsaan Korea Selatan, rencananya akan mengunjungi memorial dengan para korban warga Korea akibat bom atom tersebut, di samping korban warga Jepang.

Ban “berharap bahwa kunjungannya ke Horoshima dan Nagasaki akan menarik perhatian bagi pentingnya mencapai perlucutan senjata nuklir global,” kata pernyataan PBB.

Kunjungan Ban ke tempat-tempat bom atom AS dijatuhkannya “direalisasikan pada tahun ini setelah Hiroshima dan Nagasaki dengan sungguh-sungguh mengundang Sekjen ke kota tersebut”, kata seorang pejabat kementerian luar negeri Jepang.

Jepang, satu-satunya negara yang diserang dengan bom atom, telah sejak lama mengkampanyekan perlucutan senjata nuklir, bahkan meskipun pihaknya bergantung pada nuklir AS sebagai payung pertahanan.

Lebih dari 140.000 orang tewas seketika di Hiroshima atau meninggal dalam beberapa hari atau beberapa pekan setelah bom atom AS itu dijatuhkan. Tiga hari berikutnya, sebuah pesawat AS menjatuhkan bom atom kedua ke Nagasaki, menewaskan lebih dari 70.000 orang.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…