News
Selasa, 3 Agustus 2010 - 13:51 WIB

Sekjen PBB akan hadiri peringatan Hiroshima dan Nagasaki

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tokyo— Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon Selasa (3/8) tiba di Jepang untuk menghadiri upacara peringatan bom atom Hiroshima dan Nagasaki 1945.

Ban akan menjadi Sekjen PBB pertama yang menghadiri Peringatan Mengenang Perdamaian di Hiroshima dan akan menjadi Sekjen badan dunia itu pertama mengunjungi Nagasaki.

Advertisement

Dia akan memulai lawatannya ke Jepang di Tokyo tempat dia diperkirakan akan bertemu dengan Perdana Menteri Naoto Kan, dan Menteri Luar Negeri Katsuya Okada sebelum bertolak ke dua kota di bagian barat tersebut.

Di kedua kota itu, Ban, berkebangsaan Korea Selatan, rencananya akan mengunjungi memorial dengan para korban warga Korea akibat bom atom tersebut, di samping korban warga Jepang.

Ban “berharap bahwa kunjungannya ke Horoshima dan Nagasaki akan menarik perhatian bagi pentingnya mencapai perlucutan senjata nuklir global,” kata pernyataan PBB.

Advertisement

Kunjungan Ban ke tempat-tempat bom atom AS dijatuhkannya “direalisasikan pada tahun ini setelah Hiroshima dan Nagasaki dengan sungguh-sungguh mengundang Sekjen ke kota tersebut”, kata seorang pejabat kementerian luar negeri Jepang.

Jepang, satu-satunya negara yang diserang dengan bom atom, telah sejak lama mengkampanyekan perlucutan senjata nuklir, bahkan meskipun pihaknya bergantung pada nuklir AS sebagai payung pertahanan.

Lebih dari 140.000 orang tewas seketika di Hiroshima atau meninggal dalam beberapa hari atau beberapa pekan setelah bom atom AS itu dijatuhkan. Tiga hari berikutnya, sebuah pesawat AS menjatuhkan bom atom kedua ke Nagasaki, menewaskan lebih dari 70.000 orang.

ant/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif