Selasa, 3 Agustus 2010 10:48 WIB Ekonomi Share :

Rupiah pagi di atas Rp 8.900 per dolar

Jakarta–Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa pagi (3/8), masih di atas Rp 8.900 per dolar, karena pelaku pasar hati-hati melepas rupiah, terkait kecenderungan pasar eksternal yang positif.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar turun tiga poin menjadi Rp 8.933-Rp 8.943 per dolar dibanding hari sebelumnya Rp 8.930-Rp 8.940 per dolar.

Dirut PT Finan Corpindo Nusa, Edwin Sinaga di Jakarta, Selasa mengatakan, koreksi terhadap rupiah relatif kecil, karena pelaku masih ingin melepas rupiah, meski saham-saham di Amerika Serikat menguat.

Kenaikan harga saham di Amerika Serikat akibat sentimen positif dari bank-bank Eropa yang mencatat pendapatan lebih baik, katanya.

Tekanan pasar yang negatif terhadap rupiah, juga tertahan oleh isu bahwa dolar AS merosot tajam terhadap euro, karena kepercayaan di zona euro kembali meningkat berkat laba bank dan data manufaktur yang lebih stabil. Euro meningkat menjadi 1,3179 dolar dari 1,3054 dolar.

Ia mengatakan, rupiah kalau melihat kondisi pasar yang positif, maka pada siang nanti diperkirakan akan mengalami kenaikan karena pelaku asing kembali memburu rupiah.

“Kami optimis pasar masih positif terhadap pergerakan yang diperkirakan akan mendekati angka Rp 8.900 per dolar,” ucapnya.

Jadi, koreksi rupiah saat ini karena pelaku memaksakan diri untuk melepas mata uang itu, meski di pasar eksternal faktor positif cukup besar. Penurunan rupiah hanya sesaat saja dan pada perdagangan berikutnya rupiah akan terpicu naik, meski Bank Indonesia tetap berada di pasar, katanya.

ant/rif

lowongan kerja
lowongan kerja Tenaga Pengajar Untuk Pria Muslim, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Menjaga Kemerdekaan Pers Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (10/7/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO–Pekan lalu, di sela-sela menghadiri seminar internasional mengenai┬áMedia Self Regulating, beberapa…