News
Selasa, 3 Agustus 2010 - 12:19 WIB

KRI Dewa Ruci raih 4 penghargaan di Kristiansand

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London--KRI Dewa Ruci memperoleh penghargaan sebagai kapal layar dengan formasi terbaik saat berlabuh (the most spectacular entrance) serta  tiga penghargaan lain untuk pertandingan olah raga cabang tenis meja dan voli pantai, serta lomba susun peti.

Kemenangan itu melengkapi tradisi juara kapal latih taruna Angkatan Laut Republik Indonesia, pada Tall Ships Races 2010 yang berlangsung di kota Kristiansand-Norwegia, pekan silam, ujar Sekretaris Tiga KBRI Oslo Febby Fahrani dalam keterangan persnya yang diterima, Selasa (3/8).

Advertisement

Keempat penghargaan tersebut secara bergantian diserahkan  Menteri Kebudayaan Norwegia, Anniken Huitfeldt dan Walikota Kristiansand Per Sigurd Sorensen, kepada perwakilan awak kapal dan Taruna TNI-AL di hadapan puluhan ribu pengunjung.

Selain itu juga disaksikan sekitar 5.000 awak kapal layar peserta Tall Ships Races 2010 dari 18 negara usai parade awak kapal berkeliling kota Kristiansand.

Kemenangan awak kapal KRI Dewa Ruci dirayakan dengan tarian poco-poco di atas geladak kapal bagi pengunjung yang malam itu datang ke kapal yang dibuka untuk umum setiap harinya selama lebih dari 12 jam.

Advertisement

Ribuan pengunjung tidak pernah berhenti untuk menyaksikan dan mengagumi kapal layar bertiang tinggi yang meski tua namun tetap tampak gagah dan artistik dengan ornamen ukiran kayu khas Jepara.

Para pengunjung tampak terhibur dengan hiburan musik band yang tidak hanya membawakan lagu-lagu Indonesia namun juga lagu-lagu populer mancanegara, termasuk lagu popular Norwegia berjudul Fairy Tale.

Para pengunjung juga tertarik menyaksikan penampilan tarian tradisional Indonesia seperti Tari Rampak Gendang (Jabar), Tari Saman (Aceh), Tari Perang (Papua), dan kesenian Reog (Ponorogo).

Advertisement

Keberangkatan KRI Dewa Ruci menuju pelabuhan berikutnya di Hartlepool-Inggris dilepas secara khusus oleh Dubes RI dan jajaran staf KBRI serta masyarakat Indonesia dan masyarakat setempat.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif