Selasa, 3 Agustus 2010 14:34 WIB Sport Share :

Jawa Tengah Kontingen terbesar di OSN IX

Medan–Kontingen Jawa Tengah merupakan daerah yang terbanyak mengirimkan  pesertanya dalam pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional IX yang digelar di Medan 1-7 Agustus 2010.

Ketua Pantia OSN IX Sumut Eduard Sinaga, di Medan, Selasa (3/8), mengatakan, pelaksanaan OSN tahun ini diikuti 1.565 peserta dari seluruh Indonesia.Dari Jumlah itu Jawa Tengah merupakan daerah yang paling banyak mengirimkan dutanya yakni sebanyak 178 orang.

“Sementara Sumut sendiri yang menjadi tuan rumah hanya mengirimkan sebanyak 69 peserta untuk bersaing di bidang ilmu pengetahuan di ajang tahunan tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, banyak atau sedikitnya suatu daerah mengirimkan utusan pada OSN itu, bukan ditentukan oleh daerah itu sendiri, melainkan  oleh pusat berdasarkan hasil seleksi yang dilaksanakan pada tingkat provinsi.

Dalam seleksi tersebut ada ketentuan tertentu yang membuat seseorang lolos untuk tingkat nasional. Misalnya dalam seleksi itu nilai yang diperolehnya harus melewati ketentuan yang telah ditetapkan.

“Jadi bukan berarti meski dia juara di tingkat provinsi atomatis langsung lolos ke tingkat nasional, tetapi tetap harus mengikuti seleksi lagi. Nah tahun ini yang paling banyak lolos seleksi di tingkat nasional itu adalah Jawa Tengah,” katanya.

Secara rinci jumlah peserta OSN IX tersebut terdiri dari Jawa Tengah mengirimkan dutanya sebanyak 178 siswa, Jakarta (145), Jawa Timur (135), Jawa Barat (87), Sumatera Utara (69), Banten (64), dan Yogyakarta (55).

Kemudian Sumatera Barat  (52), Bali  (51) Sulawesi Selatan (42), Riau (41), Jambi (40), Lampung (39), Nusa Tenggara Barat (38),  Kalimantan Timur (35), Kalimantan Barat (33),  Aceh (32), Sumaters Selatan (32), Gorontalo (30) dan Sulawesi Utara (30).

Sulawesi Tengah (28), Kalimantan Tengah (27), Kepulauan Riau (27) Kalimantan Selatan (26), Bangka Belitung (26), Papua Barat (26), Papua (26), Sulawesi Tengah (26), Maluku (26), Bengkulu (26), Nusa Tenggara Timur (25), Maluku Utara (24) dan Sulawesi Barat (24).

Untuk tingkat SD dan SLB yang diperlombakan adalah matematika dan IPA. Sedangkan tingkat SMP mata pelajaran yang diuji diantaranya matematika, fisika, Biologi dan IPA.

Untuk SMA sendiri lebih banyak bidang mata pelajarannya, yakni, Astronomi, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, Komputer (Informatika), Matematika dan Kebumian.

“Kita salut dengan semangat para peserta untuk berlomba di OSN IX.Karena masing-masing peserta akan berusaha menjadi yang terbaik untuk mencetak prestasi nasional di bidang pendidikan yang akan dipersembahkan bagi provinsinya,” katanya.

ant/rif

Distributor Simas & Bimoli, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pelajaran dari First Travel

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (18/8/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Ditangkap dan ditahannya Direktur Utama PT First Anugerah Karya Wisata (First…