Selasa, 3 Agustus 2010 09:12 WIB News Share :

Angin puting beliung rusak 4 rumah di Medan

Medan–Hujan deras disertai angin puting beliung melanda Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Senin petang (2/8). Akibatnya, empat rumah warga di Kecamatan Medan Amplas, Medan, mengalami kerusakan. Tidak ada korban dalam peristiwa ini, namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Salah satu rumah yang rusak adalah milik Muhammad Rauf Pulungan di kawasan Jl. Selamat Pulau, Gang Melati, No 25. Atap rumahnya diterbangkan angin hingga menimpa rumah warga lainnya.

Menurut Rauf, terjangan puting beliung terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Tiba-tiba, atap rumah terbang dan air hujan masuk ke dalam rumah.

“Saya tidak sempat menyelamatkan barang-barang. Kejadiannya begitu cepat. Sebagian perabotan jadi basah,” kata Pulungan.

Tidak hanya merusak rumah warga, puting beliung juga mengakibatkan sejumlah pohon pelindung yang tumbuh di sisi ruas jalan ikut tumbang.

Naas, satu unit angkutan kota (angkot) yang sedang melintas di Jl. Tritura Medan, ikut rusak tertimpa pohon. Beruntung, supir dan sejumlah penumpang angkot tidak mengalami cedera. Namun atap angkot bonyok dan kaca-kaca jendela ikut pecah.

Supir angkot, Musa Irwansyah mengatakan, ia tidak dapat menghindar saat sebatang kayu tiba-tiba tumbang. “Jalanan saat itu macet. Hujan deras dan angin kencang sekali. Tiba-tiba pohon di pinggir jalan tumbang kena angin dan menimpa angkot,” kata Musa.

Angin puting beliung juga mengakibatkan jaringan PLN terganggu. Akibatnya, terjadi pemadaman listrik di sejumlah lokasi. Pemadaman listrik ini akhirnya memicu kemacetan arus lalu-lintas karena traffic light di sejumlah perempatan jalan tidak berfungsi.

dtc/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…